Share

Tak Bisa Lagi Nikmati Siaran Televisi Analog, Perempuan Ini Sempat Kira TV-nya Rusak

Tim Okezone, Jurnalis · Rabu 09 November 2022 14:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 09 54 2704019 tak-bisa-lagi-nikmati-siaran-televisi-analog-perempuan-ini-sempat-kira-tv-nya-rusak-pvtDjzuUKt.jpg Netizen Protes ASO. (Foto: TikTok)

PEMERINTAH memang telah mematikan siaran analog atau yang dikenal juga dengan nama Analog Switch Off (ASO) di wilayah Jabodetabek. Langkah ini memang sudah dilakukan pada 2 November pukul 24.00 WIB.

Keputusan ini pun menuai hujatan dari netizen, lantaran dianggap menyusahkan masyarakat. Pasalnya, mereka yang ingin menikmati TV digital memang harus menggunakan set top box, untuk menangkap siaran.

Masyarakat yang tidak bisa lagi menikmati siaran TV lokal pun melakukan protes di media sosial. Salah satunya Yulistianingsih, yang protes lewat TikToknya. Yuli pun menggunaggah keresahannya karena tidak bisa menikmati siaran TV lokal lagi.

TV Digital

"RIP TV ANALOG #RIPTV Rakyat Jelata Merasa Kehilangan #tvanalog saatnya pindah ke #tvdigital," tulis dia dalam caption tersebut.

Unggahannya ini pun mendapat komentar dari netizen yang juga menyatakan tidak bisa menikmati siaran TV lagi akibat keputusan pemerintah tersebut.

"Sedih banget ya tiba2 tv nya semut semua ๐Ÿ˜ kudu pake set top box," tutur cara****ina.07

"Udh pke tv digital tp tetep aja ilang2an gambarnya ๐Ÿ˜…," tambah non****bi

"Sedih y Bun tv tibaยฒ semut semua ๐Ÿ˜…," curhat Citra****

"Sama aku pun sedih banget deh anakยฒ gak ada hiburan," tumpal Rry****rr.

Sekadar informasi, pemerintah memang menyediakan Set Top Box gratis, tapi khusus untuk keluarga miskin yang masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial dan memiliki perangkat TV analog di rumahnya untuk memudahkan menangkap siaran TV digital.

Berdasarkan pada DTKS Kementerian Sosial, sebanyak 6.737.971 rumah tangga miskin yang tinggal di wilayah terdampak ASO. Data itu, berisikan detail informasi penerima bantuan, seperti nama, NIK, KK, hingga alamat lengkap.

Pengadaan dan pendistribusian set top box gratis TV digital untuk rumah tangga miskin dilakukan secara bertahap oleh pemerintah dan penyelenggara multipleksing (operator siaran TV digital) sesuai dengan tahapan pelaksanaan ASO.

Adapun, sampai awal 2022, sumber bantuan ini berasal dari pemerintah yang telah menyiapkan 1 juta unit set top box gratis TV digital. Sedangkan, yang dari penyelenggara multipleksing berkomitmen menyediakan 4.177.760 unit STB.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini