Share

Beragam Manfaat Laut Bagi Kehidupan Manusia dan Makhluk Lain

Maryam Nurfauziah, Jurnalis · Kamis 10 November 2022 06:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 09 56 2704283 beragam-manfaat-laut-bagi-kehidupan-manusia-dan-makhluk-lain-dE1ShrmLBA.jpg Beragam manfaat laut bagi kehidupan manusia dan makhluk lain (Foto: Reuters/Lucas Jackson)

JAKARTA - Permukaan Bumi kita 70 persennya terdiri dari lautan dan telah lama laut memberikan manfaat bagi manusia dan makhluk lain yang hidup di planet ini.

Lebih dari itu, lautan ternyata menyimpan segudang manfaat lain yang mungkin belum banyak diketahui orang, sehingga kita perlu menjaga laut untuk hidup di masa depan.

Lantas, mengapa laut menjadi hal yang penting untuk keberlangsungan makhluk hidup? Diolah dari kanal YouTube iNews Variety Show, Rabu (10/11/2022), berikut beberapa alasan mengapa manusia perlu menjaga laut untuk masa depan.

1. Laut Membantu Kita Tetap Bernapas

Manfaat laut sangat dirasakan oleh organisme yang hidup di dalamnya. Salah satunya adalah fitoplankton. Organisme kecil ini bertanggung jawab atas setidaknya 50 persen oksigen yang ada di Bumi.

Layaknya tanaman yang tumbuh di darat, fitoplankton juga mengandung klorofil untuk menangkap sinar Matahari guna fotosintesis dan mengubahnya menjadi energi yang mereka butuhkan. Dari foto sintesis tersebutlah terciptanya oksigen.

Selain itu, plankton juga mengonsumsi karbon dioksida, organisme ini mentransfer sekitar 10 giga ton karbon dari atmosfer ke lautan setiap hari.

2. Laut Membantu Mengatur Iklim

Lautan menyerap panas dalam jumlah besar yang dikeluarkan oleh Matahari. Menurut penelitian selama 50 tahun terakhir, lebih dari 90 persen pemanasan yang terjadi di Bumi berada di lautan. Pemanasan itu cenderung terjadi di lautan dekat garis khatulistiwa.

Arus laut lalu menyebarkan panas itu ke seluruh dunia. Ketika sebagian air laut menguap, maka air laut akan menjadi lebih padat dan lebih berat karena kandungan garamnya yang relatif lebih tinggi.

Hal ini menyebabkan pemanasan pada bagian laut yang lebih dalam. Beberapa arus laut juga bertanggung jawab langsung pada perubahan iklim tertentu. Jika arus laut terganggu, maka bagian Bumi yang harusnya memiliki suhu normal akan berubah menjadi ekstrem.

3. Laut Menjadi Tempat Hidup Keanekaragaman Hayati

Ikan dari laut telah menjadi menu makanan bagi miliaran orang di seluruh dunia. Ikan telah menyumbang 16 persen dari semua protein hewani yang dikonsumsi secara global. Bukan hanya menjadi sumber makanan, lautan juga merupakan rumah bagi banyak kehidupan.

Mengingat banyaknya hewan yang hidup di sana, sampai saat ini belum diketahui secara pasti berapa jumlah makhluk hidup yang ada di laut. Bahkan peneliti menyebut kehidupan yang kita ketahui di laut saat ini baru sebatas 9 persen. Hal ini disebabkan luas Samudra yang ada di permukaan Bumi mencapai kedalaman 11.000 meter.

4. Sumber Mata Pencaharian Umat Manusia

Beberapa penelitian juga menyebut di masa yang akan datang, tepatnya pada tahun 2030, industri laut diperkirakan akan mempekerjakan lebih dari 40 juta orang dari seluruh dunia. Bagian terbesar dari pekerjaan tersebut berasal dari sektor perikanan dan diikuti oleh sektor pariwisata.

Pada dasarnya kesehatan ekonomi industri maritim berkaitan dengan kesehatan laut secara keseluruhan. Di negara-negara berkembang, seharusnya ekonomi laut menjadi hal yang sangat penting, sebab sebagian besar masyarakat di negara itu menggantungkan dirinya pada laut sebagai mata pencaharian mereka.

Pada kesimpulannya, lautan memiliki peran yang sangat penting dalam mengatur curah hujan. Menampung 97 persen air di planet ini dan menyerap CO2 serta membantu menjaga siklus karbon agar tetap seimbang.

Laut juga telah memberikan makanan hingga pekerjaan bagi miliaran orang di dunia. Jadi, sudah sepantasnya kita berbalas budi untuk turut serta menjaga laut demi kelangsungan hidup hingga masa yang akan datang.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini