Share

YouTuber Bikin iPhone dengan Layar Lipat, Tak Sabar Tunggu Apple

Raden Yusuf Nayamenggala, Jurnalis · Kamis 10 November 2022 16:08 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 10 57 2704887 youtuber-bikin-iphone-dengan-layar-lipat-tak-sabar-tunggu-apple-WSq9THAKu1.JPG YouTuber bikin iPhone dengan layar lipat, tak sabar tunggu Apple (Foto: Tangkapan Layar)

JAKARTA - Smartphone dengan layar lipat telah diluncurkan sejumlah produsen, seperti Samsung, Huawei, Microsoft hingga Motorola. Namun, Apple dikabarkan tidak akan memasuki pasar ini hingga tahun 2025.

Karena Apple dikabarkan masih lama untuk masuk dalam pasar smartphone layar lipat, seorang YouTuber asal China bernama Na Yan membuat iPhone yang bisa dilipat sendiri.

Pada kanal YouTubenya yang bernama 'Tech Aesthetics', Yan menjelaskan bahwa dia dan timnya memiliki tujuan untuk membuat iPhone yang bisa dilipat, tetapi tetap mempertahankan sebanyak mungkin komponen dari perangkat aslinya.

Seperti halnya mempertahankan tampilan asli iPhone, sambil membuatnya cukup mudah untuk ditekuk dan tetap menjaga fungsi sentuh tetap utuh.

Untuk bagian engsel ponsel, YouTuber tersebut awalnya menggunakan Galaxy Z Flip untuk engsel pegas yang kompleks dan kuat.

Kendati demikian, Na Yan dan tim menemukan, layarnya mengalami kerusakan dan tidak cukup kuat untuk menahan sudut tekukan yang besar.

Akhirnya, Na Yan dan timnya memutuskan untuk menggunakan engsel motoral Razr untuk lipatan layar kecil.

Kemudian, mereka menyematkan seluruh struktur internal iPhone, di mana setengah bagian bawah menampung motherboard, sedangkan bagian atas berisi baterai.

Untuk fungsi iOS dan layar sentuh berfungsi dengan baik saat pengujian. Namun, tampilan antarmuka tidak ramah lipat, hingga mereka menginstal perangkat lunak khusus sebagai gantinya.

Dengan perangkat lunak tersebut, membuat ponsel bisa menjalankan dua aplikasi secara bersamaan. Pada bagian bawah ponsel bahkan dapat digunakan sebagai stand selfie seperti Galaxy Z Flip.

Tetapi, Tim harus membuat sejumlah modifikasi untuk memastikan perangkat tersebut berfungsi. Seperti ketika melepas satu speaker dan memasang baterai yang lebih kecil. Mereka pun membuang MagSafe serta komponen pengisian daya nirkabel.

Kabarnya, Na Yan dan tim ingin terus berinovasi untuk meningkatkan kemampuan dari iPhone lipat mereka kedepannya, serta menerima berbagai saran dari para penonton YouTube.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini