Share

Tidur Sudah Cukup Tapi Masih Merasa Capek, Kok Bisa?

Maryam Nurfauziah, Jurnalis · Sabtu 12 November 2022 06:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 11 56 2705786 tidur-sudah-cukup-tapi-masih-merasa-capek-kok-bisa-derjx7Enk3.JPG Tidur sudah cukup tapi masih merasa capek, Kok Bisa? (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Tidur sudah cukup tetapi kamu masih merasa capek, apa penyebabnya? Ternyata, sains bisa menjelaskan fenomena tidak biasa ini.

Penyebab kamu tetap merasa capek meskipun tidur cuku[ adalah dari cara tidurnya itu sendiri. Kamu harus tahu bahwa tidur memiliki ritme seperti halnya bernafas, berjalan, dan makan.

Diolah dari kanal YouTube Kok Bisa?, Sabtu (12/11/2022), semua yang kamu lakukan oleh tubuh selalu mempunyai ritme, termasuk tidur, hal ini dinamakan ritme Ultradian Sleep Cycle.

Dalam setiap ritme tersebut, terdapat tahapan atau jenjang tidur yang terjadi, yaitu tahap 1, 2, 3 hingga REM (Rapid Eye Movement). Apa arti dari tahapan tersebut? Bagaimana cara kerjanya?

Tahap satu adalah tahap merem atau tidur ringan yang sering dilakukan pada saat kamu berada di kelas waktu belajar di siang bolong. Dalam tahap ini, mata kamu bergerak secara perlahan dan aktivitas otot tubuh kamu mulai melambat.

Kemudian pada tahap 2, pergerakan bola mata kamu berhenti, detak jantung menjadi melambat, suhu tubuh menurun, dan kamu semakin sulit untuk dibangunkan karena tubuh sudah mulai siap untuk masuk ke tahap selanjutnya, yaitu tahap tidur lelap.

Pada tahap 3, kamu sudah tidur lelap, gelombang otakmu menjadi sangat lambat dan tubuh kamu ada dalam keadaan rileks.

Lalu, di tahap REM mata kamu bergerak cepat, nafas kamu jadi lebih pendek, dan tekanan darah kamu meningkat. Gelombang otak kamu dalam tahap REM ini jadi sama aktifnya seperti gelombang otak kamu saat kamu bangun. Dalam tahap ini, biasanya kamu sedang bermimpi.

Dari tahap satu hingga REM dijalani sekitar 90 menit setiap siklusnya, namun akan menjadi lebih panjang jika semakin lama kamu tidur.

Kendati demikian, kembali ke pertanyaan awal, mengapa kamu tetap capek meskipun sudah tidur cukup?

Jawabannya adalah waktu saat kamu bangun adalah kuncinya. Jika kamu bangun tidur di tengah ritme, maka hasilnya akan tetap melelahkan.

Oleh karena itu, jika kita melakukan tidur sebentar saja, maka kemungkinan besar kita akan bangun di tengah ritme tidur kita, yang akibatnya tidur kita tidak berkualitas dan malah membuat tambah capek.

Itu sebabnya jika kamu melanjutkan dengan tidur siang akan merasa jadi segar sekali, tetapi saat tidur 8 jam lebih dan dibangunkan oleh alarm masih juga merasa capek.

Karena faktanya, waktu di mana kamu bangun dalam ritme tidur kamu itu sangat penting bukan hanya oleh jam tidur.

Jika ditanya seberapa banyak jam yang kamu butuhkan untuk tidur dalam sehari, begitu banyak faktor yang menentukan seperti usia, gaya hidup, diet, penyakit yang diderita hingga genetik.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini