Share

Anggota DPRD Bekasi Sebut Masyarakat Terbebani Membeli STB

Tim Okezone, Jurnalis · Sabtu 12 November 2022 11:08 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 12 54 2706037 anggota-dprd-bekasi-sebut-masyarakat-terbebani-membeli-stb-rITaQx8Zfv.jpg Anggota DPRD Bekasi sebut masyarakat terbebani membeli STB (Foto: Tangkapan Layar)

JAKARTA - Anggota DPRD Bekasi Fraksi PKS, Uryan Riana, mengatakan bahwa masyarakat miskin terbebani untuk membeli set top box (STB).

"Ini membuat susah masyarakat miskin, terbebani di mana harus mengeluarkan uang mulai dari Rp150 ribu untuk membeli STB," kata Uryan, dalam postingan di TikTok, dikutip Sabtu (12/11/2022).

Uryan mengatakan, beban tersebut tidak lain karena ada sebuah kebijakan dari pemerintah, yakni Kementerian Komunikasi dan Informatika, yang menyuntik mati siaran televisi (TV) analog.

Lewat unggahan di TikTok-nya, dia mengisyaratkan bahwa STB murah bisa menjadi solusi untuk penerapan siaran tv digital.

Sebelumnya, Kominfo mengatakan, penghentian siaran TV Analog merupakan amanat Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja.

Dalam keterangan resminya, Kominfo menyampaikan bahwa ada bantuan STB yang berasal dari Lembaga Penyiaran Swasta (LPS) untuk Rumah Tangga Miskin Ekstrem (RTM).

"Bantuan STB hanya untuk RTM yang nama dan alamatnya tercantum dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial," ujar Kominfo.

Kemudian, Kominfo mengaku bahwa penerapan Analog Switch Off (ASO) di Jabodetabek terselenggara setelah hampir 100 persen RTM menerima bantuan STB dari komitmen LPS.

(amj)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini