Share

Imbas Kebijakan ASO Harga STB Naik Terus, Nurul Arifin Desak Telusuri Siapa Produsennya!

Tim Okezone, Jurnalis · Minggu 13 November 2022 12:07 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 13 54 2706465 imbas-kebijakan-aso-harga-stb-naik-terus-nurul-arifin-desak-telusuri-siapa-produsennya-PyhMIh5FRw.jpg Nurul Arifin desak telurusi produsen STB. (foto:

TERKAIT kebijakan Analog Switch Off (ASO) yang diberlakukan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), muncul pro dan kontra dari berbagai kalangan. Salah satunya dari Anggota Komisi I DPR RI Nurul Arifin dari Fraksi Partai Golkar.

Dalam sebuah kesempatan, Nurul mengungkapkan kritiknya atas keputusan pemerintah perihal TV Analog yang disuntik mati dan polemik Set Top Box (STB). Ia menilai ada pihak yang diuntungkan dari kebijakan yang berlaku per 2 November lalu tersebut.

Hal ini karena 6 juta unit STB bantuan tidak langsung dibagikan. Malah sudah diperjualbelikan dahulu di pasaran. Menurut Nurul, pemerintah tidak merealisasikan Undang-undang Cipta Kerja tak sesuai komitmen. ”Mereka menyediakan. Tapi tak tahu cara mendistribusikannya. Karena itu butuh tenaga butuh ongkos. dan biaya pemasangan,” ungkap Nurul.

Selain itu, Nurul menambahkan seharusnya yang harus dilakukan pemerintah di awal adalah memperbaiki infrastruktur. Contoh konkritnya dengan membiarkan TV analog bisa menyaksikan TV digital tanpa harus menggunakan STB.

“Alatnya ada di udara kek. Atau di satelit, I don’t know. Tapi selesaikan dulu ini. Jadi orang yang akhirnya mengambil keuntungan dan akhirnya setahun dua tahun tak terpakai lagi (STB). Karena otomatis dari analog bisa kok digital ternyata. Selesaikan dulu disitu,” paparnya.

Nurul juga menghimbau pemerintah untuk menjual STB sampai 6 juta unit STB gratis dibagikan. “Jadi Anda jangan jualan dulu. Kalau ada sisa baru dijual. Kan barangnya sama. Produsennya coba telusuri,” tegas Nurul.

Sebelumnya, Kominfo mengatakan, penghentian siaran TV Analog merupakan amanat Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja.

Dalam keterangan resminya, Kominfo menyampaikan bahwa ada bantuan STB yang berasal dari Lembaga Penyiaran Swasta (LPS) untuk Rumah Tangga Miskin Ekstrem (RTM).

"Bantuan STB hanya untuk RTM yang nama dan alamatnya tercantum dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial," ujar Kominfo.

Kemudian, Kominfo mengaku bahwa penerapan Analog Switch Off (ASO) di Jabodetabek terselenggara setelah hampir 100 persen RTM menerima bantuan STB dari komitmen LPS.

(vvn)

1
1

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini