Share

Ilmuwan China Temukan Bukti Mars Pernah Kebanjiran

Annastasya Rizqa, Jurnalis · Minggu 13 November 2022 15:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 13 56 2706428 ilmuwan-china-temukan-bukti-mars-pernah-kebanjiran-JtkvKpQi0H.jpeg Ilmuwan China temukan bukti Mars pernah kebanjiran (Foto: CNSA)

JAKARTA - Mars memang menjadi planet yang sering kali dibicarakan. Terlebih beredarnya teori Planet Merah ini bisa dikunjungi dan dihuni manusia.

Faktanya, Mars pernah mengalami beberapa kejadian yang menggemparkan dunia. Salah satunya, bencana banjir yang ternyata pernah terjadi di sana.

Dilansir ZME Science, Minggu (13/11/2022), pesawat penjelajah Zhurong milik China menemukan sebuah sedimen yang muncul di Mars.

Diketahui, sediman itu terbentuk akibat bencana banjir yang terjadi jutaan tahun lalu.

Rover dengan radar penembus tanah mengidentifikasi dua lapisan horizontal di bawah lokasi pendaratannya di Utopia Planitia, tepatnya di bagian utara Mars.

โ€œUtopia Planitia, dataran halus strata vulkanik dan sedimen yang memenuhi kawah tubrukan Utopia, telah menjadi target utama untuk eksplorasi semacam itu karena disimpulkan telah menampung samudra purba di Mars,โ€ tulis penulis studi.

Saat dilihat, tidak ditemukan air di sana, tetapi masing-masing lapisan pada kedalaman 10-80 meter ini memiliki batuan yang lebih kecil yang tersebar di atas yang lebih besar.

Para ilmuwan berpikir ini mungkin disebabkan oleh banjir. Lapisan yang lebih tua, lebih dalam dan lebih tebal, yaitu antara 30 dan 80 meter di bawah tanan. Kemungkinan, lapisan terbentuk oleh banjir yang mungkin terjadi jutaan hingga tiga miliar tahun lalu.

Misi eksplorasi Mars sebelumnya juga menunjukkan bahwa pernah ada air di permukaan planet, serta banjir besar.

Lebih lanjut, pada 2016, NASA sempat melaporkan penemuan sejumlah es bawah tanah di wilayah tersebut, volumenya setara dengan air di Danau Superior.

Penemuan-penemuan tersebut semakin meyakinkan planet Mars ternyata pernah dilanda banjir besar.

(amj)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini