Share

Kini Sudah Ada Toilet yang Mampu Ubah Tinja Jadi Listrik

Raden Yusuf Nayamenggala, Jurnalis · Senin 14 November 2022 13:06 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 14 56 2707052 kini-sudah-ada-toilet-yang-mampu-ubah-tinja-jadi-listrik-wc0J4QYFh5.jpg Kini sudah ada toilet yang mampu ubah tinja jadi listrik (Foto: Istimewa)

JAKARTA - Toilet revolusioner bernama "BeeVi" merupakan garapan Universitas di Korea. Ia dilaporkan mampu mengubah tinja manusia menjadi energi listrik.

BeeVi telah dipasang di laboratorium kampus tersebut, dan bahan bakar organiknya, yakni tinja digunakan untuk memberi daya listrik pada gedungnya.

Menurut pencipta BeeVi, Cho Jae-won, rata-rata manusia buang air besar sekitar 500 gram per hari, di mana jumlah tersebut bisa menghasilkan sekitar 50 liter gas metana yang bisa menghasilkan 0,5 kilowatt jam (kWh).

Dengan kata lain, satu tempat pembuangan sudah cukup untuk menjalankan mesin cuci piring atau menggerakan mobil listrik sejauh satu kilometer.

Energi tersebut, sangatlah berharga karena itu BeeVi akan memberikan kompensasi kepada para penyetor tinja atas kontribusi mereka dalam bentuk mata uang virtual yang disebut Ggool, atau dalam bahasa Korea berarti "Sayang".

Menariknya, siapa pun yang memakai toilet akan menerima 10 Ggool sehari dan bisa dibelanjakan makanan ringan atau buku pada toko khusus di kampus.

Kabarnya, upah harian Ggool kira-kira bisa menutupi harga kopi. Inovasi tersebut pun banyak membuat para mahasiswa terkejut sekaligus senang.

"Saya hanya pernah berpikir bahwa kotoran itu kotor, tetapi sekarang itu adalah harta yang sangat berharga bagi saya," ujar salah satu Mahasiswa kepada Reuters.

Follow Berita Okezone di Google News

Toilet yang revolusioner itu pun lantas mendadak viral, bahkan tidak hanya di Jepang, tetapi di negara lainnya. Banyak komentar-komentar netizen yang unik, dari mulai yang mendukung teknologi tersebut, hingga 'nyinyir'.

"Saya ingin hidup dari uang yang saya hasilkan dengan buang air besar," ujar seorang netizen.

"Saya bisa buang air lima kali lebih banyak dari rata-rata orang. Ini adalah waktuku," tambah netizen lainnya.

"Saya mengerti, jadi secara hipotetis, jika kamu mengubah kursi di mobil menjadi toilet, kamu bisa mengemudi selamanya," timpal Netizen yang melakukan cocoklogi.

"Mereka melakukan ini di Jepang beberapa waktu lalu, tetapi itu datang dari bau busuk dan tidak pernah hilang," tutur Netizen yang terkesan nyinyir.

Sayangnya belum ada detail lebih lengkap tentang teknologi yang digunakan pada toilet yang sangat inovatif tersebut, karena toilet itu dikabarkan masih dalam tahap pengembangan.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini