Share

Syarat Agar Indonesia Bisa Turun Salju Menurut Sains, Apa Itu?

Angeltika Clara Sinaga, Jurnalis · Selasa 15 November 2022 06:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 14 56 2707327 syarat-agar-indonesia-bisa-turun-salju-menurut-sains-apa-itu-WvNcQRLH2s.jpeg Syarat agar Indonesia bisa turun salju menurut sains, apa itu? (Foto: SPA)

JAKARTA - Salju adalah bentuk padat dari air yang telah membeku menjadi kristal dan jatuh ke Bumi seperti hujan yang menutupi secara permanen. Sebagian dari kita waktu kecil pernah membayangkan jika turun salju dan bermain di atasnya.

Namun, apakah bisa salju turun di daerah tropis seperti Indonesia? Jawabannya adalah tidak, tetapi dalam kondisi tertentu bisa saja salju turun di wilayah Indonesia. Ternyata, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi agar salju turun.

Dilansir dari kanal YouTube Kok Bisa?, Senin (14/11/2022), Indonesia merupakan negara yang berada di garis khatulistiwa dengan dua musim saja sehingga salju tidak akan turun di negara tropis ini. Salju dapat terbentuk saat uap air dilangit membeku dan bergabung menjadi kristal.

Hal itu bisa terjadi di tempat yang suhunya dingin dengan udara yang lembap. Indonesia memiliki kelembapan tinggi akibat sinar Matahari yang konstan melakukan penguapan, tetapi tidak cukup dingin untuk membentuk salju.

Salju membutuhkan suhu di bawah titik beku, yaitu 0 derajat Celcius agar dapat membentuk kristal-kristal salju. Sedangkan di negara tropis layaknya Indonesia yang selalu hangat, tentu tidak pernah mencapai suhu sedingin itu.

Namun, faktanya Indonesia memiliki daerah bersalju. Wilayah ini terbentuk karena tempatnya yang tinggi sehingga suhunya pun jauh lebih rendah, yaitu di puncak Gunung Jayawijaya. Ternyata, lapisan puncak yang tertutup salju merupakan hasil lelehan gletser ribuan tahun yang lalu.

Indonesia mungkin tidak pernah terjadi turun salju, tetapi fenomena lain yang terjadi adalah hujan es dan embun upas. Fenomena tersebut bahkan sudah beberapa kali terjadi di beberapa wilayah Indonesia.

Fenomena hujan es dan embun upas pernah terjadi di Magelang, Surabaya, Bandung, wilayah Dieng, dan Banjarnegara. Biasanya hal ini terjadi saat peralihan musim. Hujan es terbentuk dari pembekuan air dalam bentuk cair lalu terkena udara dingin dari pegunungan hingga turun menjadi kristal padat.

Jika Indonesia mengalami musim dingin, tentu ada dampak-dampak yang ditimbulkan. Akan terjadi kekacauan iklim dan musim yang berdampak pada tumbuhan serta makhluk hidup nantinya.

(amj)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini