Share

Tips Mudah Hemat Baterai Ponsel dengan Melakukan Pengaturan Ini

Angeltika Clara Sinaga, Jurnalis · Senin 14 November 2022 17:07 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 14 57 2707157 tips-mudah-hemat-baterai-ponsel-dengan-melakukan-pengaturan-ini-s0qLmkpEcq.JPG Tips mudah hemat baterai ponsel dengan melakukan pengaturan ini (Foto: CNET/James Martin)

JAKARTA - Menghapus aplikasi yang berjalan di latar belakang ponsel (background apps), diyakini banyak orang akan meningkatkan kinerja ponsel dan menghemat baterai, tetapi sebenarnya itu tidak sepenuhnya tepat.

Meskipun aplikasi di latar belakang menggunakan sumber daya ponsel, iPhone dan perangkat Android akan menyegarkan aplikasi latar belakang secara berkala.

Namun, tindakan sistem yang menyegerkan aplikasi latar belakang ini justrus menguras baterai ponsel, sehingga bukan langkah yang keliru untuk menghentikan pengaturan penyegaran aplikasi latar belakang secara otomatis.

Dilansir dari CNET, Senin (14/11/2022), jadi menghentikan pengaturan penyegaran latar belakang bisa membantu untuk menghemat baterai dan data ponsel. Berikut caranya:

iPhone

1. Buka pengaturan yang ada pada iPhone.

2. Ketuk “Umum.”

3. Kemudian pilih opsi “Segarkan Aplikasi di Latar Belakang.”

4. Pilih lagi opsi “Segarkan Aplikasi di Latar Belakang.”

5. Setelah itu, kalian dapat memilih untuk mematikan penyegaran latar belakang, membatasi aplikasi latar belakang untuk disegarkan saat tersambung ke Wi-Fi, atau mengizinkan aplikasi latar menyegarkan dengan Wi-Fi dan Data Seluler.

Android

1. Buka pengaturan pada Android yang kalian miliki.

2. Ketuk “Jaringan & Internet.”

3. Kemudian pilih opsi “Penghemat Data.”

4. Setelah itu, kalian bisa mengetuk opsi “Gunakan Penghemat Data” agar aktif. Penghemat data akan menghentikan aplikasi latar belakang menggunakan data, kecuali jika ponsel terhubung ke Wi-Fi.

Kalian juga dapat mengizinkan aplikasi tertentu untuk menggunakan data latar belakang dengan mengikuti cara di bawah ini.

1. Buka Pengaturan.

2. Ketuk “Jaringan & Internet.”

3. Pilih menu Jaringan Seluler.

4. Kemudian, ketuk “Penggunaan Data Aplikasi.”

5. Setelah itu, kalian bisa memilih aplikasi apa saja yang diinginkan untuk diizinkan menggunakan data latar belakang.

6. Aktifkan Data Latar Belakang pada aplikasi yang telah dipilih.

Sekarang kalian dapat memutuskan aplikasi apa yang disegarkan di latar belakang, yang berpotensi untuk menghemat penggunaan baterai dan data ponsel.

(amj)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini