Share

Ingin Jadi Content Creator, Pilih Smartphone dengan Spesifikasi Tepat

Agustina Wulandari , Jurnalis · Selasa 15 November 2022 14:46 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 15 16 2707945 ingin-jadi-content-creator-pilih-smartphone-dengan-spesifikasi-tepat-js9xq1nlu1.jpg Ilustrasi smartphone yang cocok untuk content creator. (Foto: dok. Freepik/DCStudio)

Seiring perkembangan zaman, profesi sebagai content creator atau pembuat konten semakin populer. Bukan hanya kalangan anak muda, siapa pun dapat menggeluti profesi ini. Konten yang dibuat bermacam-macam dan kreatif. Bukan hanya menghibur, tetapi juga memberi pengetahuan.

Senjata andalan content creator adalah smartphone. Dengan perangkat ini, mereka dapat menciptakan konten, lalu mengunggahnya ke platform media sosial. Kualitas perangkat turut berpengaruh terhadap konten yang dibuat. Bagi yang ingin menjadi content creator tetapi belum memiliki smartphone, Anda bisa kredit HP tanpa DP terlebih dahulu.

Nah, supaya tidak bingung saat memilih, simak ulasan berikut mengenai kriteria smartphone yang tepat untuk content creator.

1. Memiliki Kamera yang Bagus

Salah satu fitur pada smartphone yang paling dibutuhkan oleh content creator adalah kameranya. Kamera bisa dipakai untuk menciptakan konten berupa foto atau video. Kualitas foto atau video sangat ditentukan salah satunya oleh resolusi kamera. Semakin tinggi resolusinya, hasilnya pun semakin bagus dan jelas.

Bukan hanya mempertimbangkan resolusi kamera, fitur-fitur yang tersedia pada kamera juga dapat menunjang hasil yang diperoleh. Dalam kondisi low light misalnya, tidak semua smartphone dapat diandalkan untuk menangkap objek dengan lensa kamera. Fitur Night Mode biasanya akan sangat membantu sehingga hasilnya lebih jelas dan bagus.

Contoh fitur lain pada smartphone adalah Selfie HDR. Fitur ini bisa ditemukan pada OPPO Reno 7. Dengan fitur tersebut, hasil foto selfie akan tetap jernih, baik dalam kondisi kurang cahaya atau cahaya yang berlatar kuat. Smartphone ini dapat meminimalkan backlight sehingga detail wajah saat selfie tetap jelas.

2. Didukung oleh Baterai yang Awet

Bagi para content creator, smartphone dengan baterai yang awet merupakan modal yang sangat penting. Ada content creator yang lebih banyak berburu konten di luar ruangan sehingga tidak bisa terlalu sering mengisi daya ponsel. Saat sedang membuat konten, smartphone pun harus selalu standby.

Itulah sebabnya, content creator harus memilih smartphone yang didukung oleh baterai yang awet. Salah satu rekomendasi bagi yang membutuhkan spesifikasi seperti ini adalah Realme 6i. Ponsel yang satu ini diklaim memiliki daya tahan hingga 186 jam. Untuk memutar video, Realme 6i bisa bertahan hingga 20 jam.

Selain spesifikasi baterai yang awet, kriteria lain yang berpengaruh adalah kecepatan pengisian daya. Pilihlah smartphone yang menawarkan fitur fast charging sehingga Anda tidak perlu menunggu lama saat mode pengisian daya. Realme 6i pun dilengkapi dengan fast charging. Waktu untuk mengisi daya ponsel hingga 50% hanya sekitar 50 menit.

3. Memiliki Memori Internal yang Lega

Smartphone yang tepat untuk content creator juga harus dilengkapi dengan memori internal yang lega. Memori internal merupakan tempat menyimpan data yang ada di smartphone. Bukan hanya data, memori internal juga menjadi ruang penyimpanan bagi aplikasi apa pun yang terpasan di smartphone.

Sebagai content creator, Anda tentu harus memiliki aplikasi media sosial untuk memantau akun dan mengunggah konten dengan praktis. Selain itu, Anda juga membutuhkan aplikasi-aplikasi pendukung seperti aplikasi untuk mengedit foto dan video. Jika memori internal tidak memadai, aplikasi tersebut tidak bisa diinstall.

Semakin banyak data foto dan video yang diambil dan diolah, semakin besar pula kebutuhan akan memori internal. Saat ini, smartphone tipe terbaru telah menyematkan memori internal mulai 64 GB hingga 128 GB. Perlu diketahui, harga ponsel biasanya disesuaikan dengan memori internal yang terpasang di dalamnya.

4. Didukung oleh Performa Mumpuni

Agar kegiatan berburu konten semakin optimal, Anda juga perlu memperhatikan bagian dalam smartphone. Pilihlah smartphone yang telah menggunakan chipset dengan kemampuan tinggi. Pilihannya antara lain chipset MediaTek atau Snapdragon terbaru.

Bukan hanya chipset atau prosesor, bagian RAM juga harus cukup mumpuni untuk melakukan kegiatan berburu konten. Umumnya, ponsel terbaru dibekali dengan RAM 4 GB. Namun, jika lebih dari itu juga akan membuat fungsi ponsel akan lebih maksimal.

RAM yang besar membantu pengguna melakukan kegiatan multitasking dengan smartphone. Semakin besar RAM yang tersedia, aktivitas di smartphone akan berjalan lancar tanpa risiko lag. Menariknya, beberapa merek ponsel, salah satunya OPPO, memungkinkan Anda menambah kapasitas RAM pada smartphone.

5. Lebih Tahan Debu dan Air

Content creator harus berupaya keras untuk mendapatkan atau membuat konten yang tidak biasa. Hal tersebut dilakukan supaya diperhatikan oleh follower atau para pengguna media sosial.

Ketika berburu konten, seorang content creator mungkin harus melakukan kegiatan yang menantang. Untuk hal tersebut, smartphone yang digunakan harus tahan air dan tahan debu. Selain itu, faktor ketahanan bagian luar ponsel juga perlu diperhatikan. Pilihlah merek ponsel yang memberi jaminan lebih tahan lama.

Menjadi content creator pada zaman sekarang memang tidak sesulit dulu. Asalkan memiliki niat dan perangkat yang memadai, Anda berkesempatan untuk meraih perhatian yang besar dari khalayak di dunia maya.

Dengan membeli ponsel melalui fitur PayLater Traveloka, Anda tidak perlu khawatir lagi. Modal untuk membuat konten bisa didapatkan dengan mudah. Tagihan bisa dibayar pada bulan berikutnya atau melalui metode cicilan. Praktis, bukan?

(Wul)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini