Share

Deretan Artefak Misterius yang Pernah Ditemukan Arkeolog, Salah Satunya Sebuah Makam

Ahmad Muhajir, Jurnalis · Rabu 16 November 2022 06:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 15 56 2708247 deretan-artefak-misterius-yang-pernah-ditemukan-arkelog-salah-satunya-sebuah-makam-ZfnlZmRbgR.jpg Deretan artefak misterius yang pernah ditemukan arkeolog, salah satunya sebuah makam (Foto: Wikimedia Commons)

JAKARTA - Ada banyak penemuan benda atau patung zaman dahulu yang masih menjadi misteri, bahkan sulit terpecahkan maksud dan tujuan atas keberadaannya.

Meskipun kita sudah hidup di tengah-tengah perkembangan teknologi serta sains di era modern seperti saat ini, masih banyak daftar artefak yang bahkan belum bisa dijelaskan oleh para arkeologi.

Belum mendapat kebenaran utuh tentang penemuan-penemuan tersebut justru menjadi daya tarik tersendiri bagi warga dunia, terutama para penggemar ilmu sejarah serta arkeologi.

Diolah dari kanal YouTube iNews Variety Show, Rabu (16/11/2022), berikut adalah daftar penemuan purba paling misterius di dunia.

1. Makam Qin Shi Huang (China)

Sejak ditemukan di China sekitar 48 tahun silam, makam Qin Shi Huang langsung menyedot perhatian dunia. Temuan ini digadang-gadang sebagai salah satu temuan arkeologis terbesar abad ke-20.

Qin Shi Huang sendiri merupakan kaisar pertama China pendiri dinasti Qin yang memerintah sekitar tahun 246 sebelum masehi. Pemerintahnya terkenal memiliki beragam proyek konstruksi yang megah dan besar, salah satunya pembangunan awal tembok besar China.

Temuan ini pun menjadi begitu menakjubkan lantaran diisi oleh sekitar 8.000 patung pasukan terakota, lengkap dengan kuda kereta hingga senjata perunggu yang digunakan untuk menjaga kaisar Qin Shin Huang.

Sayangnya, hingga kini para ilmuwan masih kesulitan untuk menggali lokasi makam sang kaisar yang dikelilingi oleh parit bawah tanah yang diduga mengandung merkuri beracun.

2. Mekanisme Antikythera (Yunani)

Artefak yang ditemukan 45 meter di bawah laut pulau Antikythera Yunani ini dianggap terlalu kompleks dan canggih untuk sebuah peradaban Yunani kuno.

Antikythera dinilai lebih berharga dari monalisa, mekanismenya diduga kuat adalah komputer analog yang digunakan untuk tujuan astronomi hingga penanda kalender.

Sejak ditemukan pada 1901, komputer Yunani kuno ini pun masih dianggap membingungkan lantaran benda dengan kompleksitas serupa hanya muncul pada perkembangan teknologi jam Eropa pada abad ke 14. Padahal catatan peneliti mengindikasikan bahwa alat ini dibuat pada tahun 80 sebelum masehi.

3. Garis Nazca (Peru)

Terletak di gurun naskah yang kering, Garis Nazca menjadi salah satu landmark sekaligus teka-teki arkeologi terbesar di dunia. Rangkaian garis ini pun terdiri dari sekitar 300 macam karakter dengan luas hampir 500 km persegi.

Menariknya, berdasarkan penelitian motif raksasa Nazca ini setidaknya diciptakan antara 500 tahun sebelum masehi. Pertanyaan terkait dengan bagaimana dan mengapa naskah diciptakan hingga kini masih menjadi misteri serta perdebatan para ilmuwan.

4. Batu Bulat (Kosta Rika)

Jika Pery mempunyai Garis Nazca, maka Kosta Rika mempunyai lebih dari 300 batu misterius dan banyak diantaranya berbentuk bulat sempurna.

Bola bola batu yang tersebar ini mempunyai ukuran bervariasi, yaitu dari sekecil bola tenis hingga memiliki diameter 2,4 meter dengan bobot mencapai 16 ton.

Bola bola Kosta Rika ini bahkan diprediksi dibuat pada periode sekitar 500 hingga 1500 masehi, hingga kini para ilmuwan masih belum mengetahui secara pasti tujuan dibuatnya benda ini dan bagaimana cara orang orang terdahulu membuat batu dengan bentuk bulat sempurna seperti ini.

5. Patung Moai (Chile)

Pulau Paskah yang berada di negara Chili terkenal dengan patung kepala dari batu, patung-patung ini merupakan keunikan yang hingga kini masih membingungkan para peneliti. Perdebatan mengenai fungsi dan maksud dari patung ini masih berlangsung.

Namun, sebagian peneliti menyimpulkan bahwa fungsi utama patung ini adalah untuk menunjukkan atau mengklaim kepemilikan sumber air tawar yang merupakan sumber daya alam yang paling berharga di wilayah tersebut, karena keberadaan air tawar cukup langka di pulau ini.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini