Share

Jeff Bezos Mau Sumbang Hartanya, Tapi 10 Ribu Karyawan Amazon Terancam PHK

Tangguh Yudha, Jurnalis · Selasa 15 November 2022 15:24 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 15 57 2707979 jeff-bezos-mau-sumbang-hartanya-tapi-10-ribu-karyawan-amazon-terancam-phk-Ua2uesCgHy.jpg Jeff Bezos mau sumbang hartanya, tapi 10 ribu karyawan Amazon terancam PHK (Foto: Reuters)

JAKARTA - Orang terkaya nomor dua di dunia, Jeff Bezos, berencana menyumbangkan sebagaian besar hartanya. Namun, ia juga dikabarkan akan melakukan PHK kepada 10.000 karyawan Amazon.

Bezos mengatakan, sebagian besar kekayaannya akan digunakan untuk melawan perubahan iklim dan untuk mendukung orang-orang yang dia yakini dapat mempersatukan umat manusia di seluruh dunia.

Salah satunya yang dipercaya Bezos untuk mendistribusikan kekayaannya adalah bintang musik country dan filantropis Dolly Parton. Ia dianugerahi kehormatan Bezos Courage and Civility Award dan dititipkan uang $100 juta.

Pria berkepala pelontos itu mempercayakan Dolly Parton menggunakan uang tersebut untuk amal sesuai keinginannya. Ia percaya bahwa Dolly Parton bisa menjadikan kegiatan amal seefektif mungkin dan sesuai dengan target.

"Bagian yang sulit adalah mencari tahu bagaimana melakukannya dengan cara yang diungkit. Kami sedang membangun kapasitas untuk memberikan uang ini," kata Bezod dikutip dari TechSpot, Selasa (15/11/2022).

Kendari demikian seiring dengan rencana tersebut, berhembus kabar bshwa Bezos akan memecat 10.000 karyawannya mulai minggu ini. Itu artinya ada sekitar 3% karyawan dari jumlah total yang posisinya terancam.

Laporan dari The Register mengatakan, Bezos akan memecat karyawan dari divisi perangkat Amazon, yang akan mencakup pengurangan pada tim Alexa, serta dalam sumber daya ritel dan manusia.

Jika terbukti benar, maka akan menjadi PHK terbesar dalam sejarah 28 tahun berdirinya Amazon. Menambah daftar perusahaan teknologi yang mengalami krisis ekonomi sekaligus menyusul Twitter dan juga Meta.

Untuk diketahui, raksasa media sosial, Twitter telah memberhentikan 4.400 dari 5.500 karyawan kontraknya. Sementara Meta telah mengumumkan pada minggu lalu bahwa mereka memecat lebih dari 11.000 orang.

(amj)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini