Share

Memahami Matematika dan Kegunaannya dalam Kehidupan Kita

Angeltika Clara Sinaga, Jurnalis · Rabu 16 November 2022 13:14 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 16 56 2708616 memahami-matematika-dan-kegunaannya-dalam-kehidupan-kita-t2Emf6BeBY.JPG Memahami matematika dan kegunaannya dalam kehidupan kita (Foto: Reuters)

JAKARTA - Matematika adalah salah satu ilmu penting bagi kita. Faktanya, ia berhubungan erat dengan kehidupan sehari-hari. Mungkin banyak orang yang menganggap bahwa Matematika itu pelajaran yang sulit.

Sejak SD bahkan sampai sekarang, Matematika adalah pelajaran yang dibenci dan tidak disukai oleh banyak murid-murid karena harus menghitung angka-angka, bahkan mencari hasil dari “X’ sehingga sudah lebih dulu pusing memikirkan hasilnya.

Dilansir dari kanal YouTube Kok Bisa?, Rabu (16/11/2022), ternyata dengan Matematika kita justru bisa memecahkan misteri dunia, dan bisa mempelajari alam semesta beserta isinya. Matematika ibarat kotak perkakas berisi seribu alat yang punya jutaan kegunaan.

Namun, tanpa pemahaman yang baik, seseorang mungkin memang akan menghadapi kesulitan dalam memecahkan banyak misteri dari Matematika. Ilmu Matematika sebenarnya sederhana jika kita mau memahaminya dengan baik.

Misalnya, istilah “konstanta” (C) Matematika yang pasti sering didengar jika belajar di sekolah. Inilah “pi”, perbandingan antara keliling lingkaran dengan diameternya. Percaya atau tidak, seberapa besar lingkaran, angkanya akan tetap sama, di mana “pi” nya adalah 3,14 sesuai dengan rumus lingkaran.

Walaupun terlihat sederhana, sebenarnya manusia membutuhkan waktu yang lama untuk mengerti Matematika, seperti manusia zaman dahulu yang tidak mengerti perihal hitung-hitungan. Semua dimulai ketika angka dan konsep berhitung belum ada di kepala manusia.

Contohnya, manusia di zaman batu sekitar 35.000 tahun sebelum masehi, mereka mengamati fenomena alam yang ada di sekitar, seperti menghitung fase bulan untuk memahami siklus pergantian musim. Kemudian, mencatat garis demi garis sehingga terciptalah “aritmatika.”

Aritmatika adalah ilmu tentang bilangan atau teori angka yang mempelajari tentang bilangan bulat. Seiring berjalannya waktu, bangsa Sumeria datang mengganti garis menjadi simbol-simbol angka, yang digunakan untuk menghitung waktu.

Pada masa peradaban Mesopotamia, sistem kalender tercipta berkat bangsa Sumeria yang menggunakan siklus 12 bulan dalam setahun. Setelah itu berkembang cabang ilmu Matematika lainnya, seperti “Geometri” ilmu yang mempelajari bentuk, ukuran, posisi, dan sifat ruang.

Berkembangnya zaman, para ahli Yunani membuat konsep “logika” dalam Matematika yang mengaplikasikan penalaran deduktif ke dalam perhitungan. Salah satu ahli terkenal, Plato mencetuskan konsepnya dalam bentuk tiga dimensi.

Hingga pada akhirnya, konsep-konsep berhitung lainnya mulai diciptakan, seperti aljabar, kalkulus, statistika, kombinatorika, peluang, dan sebagainya. Formula matematika itulah yang kita pelajari sampai saat ini.

Berkat adanya Matematika dapat membantu bidang ilmu lainnya berkembang secara pesat dan manusia bisa menciptakan industri yang menjadi awal peradaban modern. Matematika yang membuat manusia bisa mencatat, berhitung, dan mengukur hal apapun.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini