Share

Apakah Ada Naga di Dunia Ini? Simak Jawabannya

Cita Zenitha, Jurnalis · Rabu 16 November 2022 17:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 16 56 2708846 apakah-ada-naga-di-dunia-ini-simak-jawabannya-G3wqZ50MJm.jpg Apakah ada naga di dunia ini? Simak jawabannya (Foto: Istimewa)

JAKARTA - Naga sebagai hewan mitologi zaman kuno ini memiliki kisah misterius. Makhluk ini digambarkan sebagai sosok yang menyerupai ular dengan sepasang sayap di punggungnya. Mereka dapat berjalan di daratan dan juga terbang di udara.

Tubuhnya yang besar dan kuat membuat siapa saja ketakutan. Saat merasa terancam, naga akan menyemburkan api dari dalam mulutnya. Sering kali mereka menghancurkan bangunanan yang menghalanginya.

Banyak orang penasaran tentang hewan mitologi penunggu singkat atau bukit ini. Lantas, apakah ada naga di dunia ini? Dirangkum dari berbagai sumber, simak jawabannya.

Ada beragam cerita yang menjelaskan tentang kehadiran naga di muka Bumi, tetapi tidak dijelaskan secara pasti asal mula makhluk mitologi menyeramkan ini muncul dan menghilang.

Persepsi tentang naga berdasarkan kisah setiap masa jelas berlainan. Beberapa mengatakan naga memiliki sayap dengan kaki sangat panjang, tetapi beberapa lagi mengatakan naga tidak bersayap dan kakinya hanya hitungan mil saja.

Berdasar buku Borobudur: Golden Tales of the Buddhas karya John Miksic, kisah naga menghiasi tradisi Hindu dan Buddha. Dalam buku tersebut, menuliskan bahwa orang Hindu menggambarkan naga dalam literatur dan kesenian.

Pertanyaan apakah ada Naga di dunia ini telah dijelaskan pada era Hindu dan Buddha. Pada era Hindu dan Buddha Nusantara berkembang kisah Sang Hyang Antaboga. Dalam pewayangan Jawa, Andabogda digambarkan sebagai naga yang memiliki kekuatan menghidupkan orang mati.

Tidak hanya di Nusantara, keberadaan naga sebagai makhluk mitologi dipercayai orang Eropa, India, Amerika, dan Tiongkok.

Tiongkok sangat kental dengan kepercayaan naga. Sampai-sampai naga menjadi ornamen identitas bangunan Tiongkok. Menurut kepercayaan Tiongkok, naga merupakan simbol kemakmuran dan keberuntungan dalam hidup.

Dalam buku buku John Miksic, orang Tiongkok menggambarkan naga sebagai hewan dengan tubuh seperti luar, bersisik, memiliki cakar pada setiap kakinya, bertanduk, dan wajahnya seperti makhluk suci legenda Tiongkok.

Naga juga sangat terkenal pada masa Yunani Kuno. Ia digambarkan sebagai hewan besar yang tidak memiliki sayap dan tidak dapat terbang. Dalam bahasa Yunani, naga disebut dengan “draconta” yang artinya untuk mengawasi.

(amj)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini