Share

Kumpulan Mitos Dinosaurus yang Terbukti Tak Benar

Cita Zenitha, Jurnalis · Kamis 17 November 2022 06:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 16 56 2708982 kumpulan-mitos-dinosaurus-yang-terbukti-tak-benar-vHJ3y2USkl.jpg Kumpulan mitos dinosaurus yang terbukti tak benar (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Ada sejumlah mitos soal dinosaurus yang terbukti tidak benar, tetapi membuat masyarakat penasaran. Banyak yang belum tahu jika hewan purba ini tidak seperti apa yang tergambar dalam cerita yang tersebar selama ini.

Berdasarkan penelitian, dinosaurus sudah hidup sekitar 230 juta tahun yang lalu. Para peneliti menggambarkan dinosaurus sebagai reptil raksasa menyeramkan dengan berbagai spesies. Salah satu film terkenal “Jurassic Park” merepresentasikan bagaimana besarnya hewan purba ini.

Namun, ternyata eksistensi dinosaurus yang masyarakat pahami tidak sepenuhnya benar. Setidaknya ada delapan mitos dinosaurus yang terbukti tidak benar adanya.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut adalah mitos tentang dinosaurus yang tidak banyak orang ketahui kebenarannya:

1. Dinosaurus Sebagai Reptil Pertama di Bumi

Ternyata dinosaurus bukanlah reptil pertama di Bumi. Menurut Steve Parker dalam bukunya yang berjudul 100 Pengetahuan Dinosaurus, mengatakan bahwa reptil ini sudah hidup sampai 65 juta tahun hingga 230 juta tahun yang lalu.

Hylonomus adalah reptil pertama yang menjadi nenek moyang dinosaurus. Diperkirakan hewan amfibi ini sudah hidup 300 juta tahun yang lalu. Bahkan 270 tahun sebelum dinosaurus muncul, hiduplah dimetrodon. Reptil ini menyerupai dinosaurus, tetapi bukan dinosaurus.

2. Tidak Mengurus Telur-telurnya

Dinosaurus digambarkan sebagai hewan yang jahat. Bahkan, indukan dinosaurus sendiri suka menelantarkan telur-telurnya. Kenyataannya tidak seperti itu, peneliti pernah menemukan fosil dinosaurus dengan bentuk yang tidak biasa.

Fosil dinosaurus ditemukan di Kota Ganzhou di Provinsi Jiangxi, Tiongkok selatan. Peneliti mengatakan fosil tersebut milik dinosaurus oviraptorosaurus. Dinosaurus itu mati dalam keadaan sedang mengerami telurnya.

3. Suara Asli Dinosaurus

Dalam film “Jurassic Park” terlihat dinosaurus mengaum dengan suara keras seperti binatang buas. Padahal, berdasarkan temuan fosil tidak didapati komponen suara seperti syrinx dan larynx pada dinosaurus. Suara dinosaurus yang banyak orang kenal selama ini diadaptasi dari suara buaya, kerabat dekat dinosaurus.

4. Dinosaurus Bersisik

Meski memiliki hubungan kekerabatan dengan buaya, bukan berarti semua dinosaurus bersisik. Anggapan penemuan dinosaurus bersisik itu terlontar setelah peneliti menemukan fosil Hadrosaurus dan Borealopelta.

Kebenaran terungkap pada tahun 1997 setelah peneliti menemukan fosil Sinosauropteryx di Tiongkok. Sinosauropteryx memiliki bulu kecoklatan pada bagian wajahnya.

5. Dinosaurus Punah Karena Tabrakan Meteor

Mitos dinosaurus yang terbukti tidak benar meteor penyebab kepunahan dinosaurus. Jatuhnya meteor dan asteroid merupakan bencana bagi ekosistem. Tetapi tidak langsung sekaligus memusnahkan dinosaurus. Hewan ini punah karena efek yang ditimbulkan pasca jatuhnya meteor dan asteroid.

6. Hidup di Wilayah Tropis

Dinosaurus sejatinya tidak hanya mendiami wilayah tropis saja. Beberapa dinosaurus mampu hidup di wilayah sangat dingin di Kutub Utara.

Penambang minyak menemukan fosil dinosaurus di Kutub tahun 1950an. Peneliti menganalisis bahwa fosil tersebut milik ornithomimosaur, deinonychosaurs, dan tyrannosaurus.

7. Warna Coklat, Hijau, dan Kelabu Mendominasi Tubuh Dinosaurus

Dinosaurus digambarkan sebagai hewan purba yang tubuhnya didominasi oleh warna coklat, hijau, atau kelabu. Nyatanya dinosaurus juga memiliki warna-warna cerah seperti kemerahan, warna seperti wortel, atau warna mirip jahe. Misalnya Sinosauropteryx, dinosaurus ini berwarna coklat kemerahan hingga kuning.

8. Berdarah Dingin atau Panas

Banyak sekali perdebatan mengenai dinosaurus berdarah dingin atau berdarah panas. Namun berdasarkan jurnal Science Amerika, dinosaurus memiliki metabolisme di antara panas dan dingin. Ada kalanya dinosaurus bergantung pada metabolisme panas dan sebaliknya.

Demikian kumpulan mitos dinosaurus yang terbukti tidak benar. Semoga dapat menambah wawasan Anda.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini