Share

Simak Cara Unduh Arsip Data Akun Twitter dari Web atau Ponsel

Angeltika Clara Sinaga, Jurnalis · Rabu 16 November 2022 18:06 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 16 57 2708880 simak-cara-unduh-arsip-data-akun-twitter-dari-web-atau-ponsel-E7VGmEfWNF.JPG Simak cara unduh arsip data akun Twitter dari web atau ponsel (Foto: The Verge/Samar Haddad)

JAKARTA - Arsip Twitter adalah tempat menyimpan data-data informasi profil, buku alamat, tweet, Direct Message (DM), Momen, media-media (gambar, video, GIF), serta daftar pengikut yang dimiliki.

Dilansir dari The Verge, Rabu (16/11/2022), arsip Twitter merupakan fitur yang memudahkan pengguna bisa melihat kembali tweet berdasarkan periode waktu tertentu, serta untuk mencadangkan data akun.

Lantas, bagaimana caranya untuk mendapatkan arsip data akun Twitter kita? Simak berikut ini.

1. Di aplikasi web, buka menu sebelah kiri dan klik Lainnya (More). Di aplikasi seluler, ketuk ikon pribadi Anda di pojok kiri atas.

2. Kemudian pilih opsi “Pengaturan dan Privasi”

3. Pilih “Akun Anda” yang ada di bawah tulisan “Pengaturan”

4. Klik “Data Twitter Anda”

5. Lalu, pilih “Unduh arsip data Anda", mungkin Anda akan diminta untuk memverifikasi akun Twitter Anda

5. Klik opsi “Minta arsip”

Menurut Twitter, dibutuhkan waktu hingga 24 jam sebelum nantinya menerima tautan yang memungkinkan Anda dapat mengunduh data arsip akun Twitter milik Anda.

Saat data telah diunduh, jika ingin menghapus akun atau meninggalkan Twitter, setidaknya Anda telah memiliki data arsip akun.

Anda akan menerima email yang berisi tautan setelah berhasil memverifikasi akun. Kemudian, file zip yang disebut “Arsip Anda” dapat diunduh.

File zip tersebut berisi dua folder, yaitu berlabel “aset” dan “data” di mana folder tersebut tempat semua tweet, media, dan informasi lainnya.

Anda juga dapat mengunduh informasi yang berkaitan dengan akun Anda dalam bentuk file HTML dan JSON.

(amj)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini