Share

Beberapa Kelebihan Yandex Dibanding Google, Salah Satunya Berhubungan dengan Algoritma

Tangguh Yudha, Jurnalis · Kamis 17 November 2022 18:16 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 17 57 2709671 beberapa-kelebihan-yandex-dibanding-google-salah-satunya-berhubungan-dengan-algoritma-vFwOJ4geAX.jpg Beberapa kelebihan Yandex dibanding Google (Foto: C-Incognito)

JAKARTA - Google tampaknya harus berhati-hati dengan situs pencarian asal Rusia, Yandex. Pasalnya, rancangan Ilya Segalovich dan Arkady Volozh itu memiliki sederet kelebihan.

Yandex kini telah menjadi situs pencarian terbesar di Rusia dengan pangsa pasar lebih dari 50%, mengalahkan Google yang hanya memiliki sekitar 45%. Posisi Yandex sangat mendominasi di sana.

Belum lagi Rusia sendiri merupakan negara dengan pasar Internet terbesar di seluruh Eropa dengan hampir 90 juta pengguna. Hal ini memungkinkannya untuk terus tumbuh dan mengancam eksistensi Google.

Lantas apa sebenarnya yang membuat Yandex mulai diminati masyarakat? Berikut ini adalah daftar kelebihan Yandex dibanding Google, seperti dihimpun dari Semrush, Kamis (17/11/2022):

1. Yandex adalah portal

Yandex punya tujuan untuk menjadi portal terbesar di seluruh Rusia dan bagi banyak orang Negeri Beruang Merah, Yandex.ru adalah tempat mereka memulai mengaksesnya.

Sama seperti Google, Yandex menawarkan email gratis, peta lalu lintas langsung, musik, video, penyimpanan foto, dan banyak lagi. Dengan kesamaan ini, Google seakan tidak memiliki ruang lagi di Rusia.

2. Yandex lebih andal untuk pencarian bahasa Rusia

Yandex dibuat khusus untuk pasar Rusia dan lebih mampu menangani tantangan pencarian khusus Rusia. Secara umum, Google hampir tidak seefektif Yandex ketika melakukan pencarian berbahasa non-Inggris.

Seperti diketahui, bahasa Rusia sangat infleksi dan beberapa kata dapat memiliki hingga 20 akhiran yang berbeda. Semua kata benda Rusia memiliki jenis kelamin tata bahasa, dan jenis kelamin kata benda tersebut akan memengaruhi kata-kata lainnya dalam kalimat.

Yandex mampu mengurai tantangan ini lebih dari apa yang bisa dilakukan Google. Kemampuannya ini memberikan cap bahwa Google memberikan pengalaman penelusuran yang lebih lemah.

3. Algoritma Yandex dapat memperhitungkan spam dengan lebih baik

Yandex mengumumkan bahwa mereka tidak akan menggunakan tautan dalam algoritma mereka pada kueri komersial yang dilakukan di wilayah tertentu di negara tersebut.

Sebagai gantinya, Yandex hanya akan menggunakan pengalaman pengguna dan metrik peringkat kata kunci. Upaya ini tetapi memungkinkan Yandex menghasilkan kualitas hasil yang lebih baik daripada Google.

Tidak diragukan lagi Yandex sangat andal dalam memfilter tautan spam. Yandex kemungkinan akan terus tumbuh dengan mengorbankan Google karena realitas pasar yang tidak ada di luar Rusia.

4. Yandex lebih populer di Android

Di Rusia, Android menguasai lebih dari 70% pasar seluler dan Yandex menguasai 52% pasar penelusuran di perangkat Android. Dengan banyaknya pengguna Android di sana, membuat Yandex semakin hari kian populer.

Meskipun orang Rusia memiliki ketertarikan terhadap merek Rusia, sebagian dari mereka juga menyukai produk asing. Tetapi setelah skandal Snowden (NSA), orang Rusia mungkin lebih suka menggunakan Yandex karena mereka tidak mempercayai Google.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini