Share

WhatsApp Kembangkan Fitur Chat ke Nomor Sendiri untuk Pengguna iOS dan Android

Angeltika Clara Sinaga, Jurnalis · Jum'at 18 November 2022 16:10 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 18 54 2710264 whatsapp-kembangkan-fitur-chat-ke-nomor-sendiri-untuk-pengguna-ios-dan-android-uPdEaTrGXA.JPG WhatsApp kembangkan fitur chat ke nomor sendiri untuk pengguna iOS dan Android (Foto: WABetaInfo)

JAKARTA - WhatsApp dilaporkan sedang mengembangkan fitur kirim pesan (chat) ke nomor sendiri sejak September lalu, tetapi saat itu hanya tersedia untuk dekstop versi beta.

Selama ini, pengguna WhatsApp yang ingin mengirimkan pesan ke nomor sendiri harus menggunakan domain wa.me dengan cara membuka browser lalu mengetik domain tersebut diikuti oleh nomornya sendiri, kemudian pengguna bisa mengirimkan pesan ke nomornya sendiri.

Dilansir dari WABetaInfo, Jumat (18/11/2022), lewat pembaruannya, di mana mungkin memerlukan waktu untuk mengkangkau semua orang, kini fitur tersebut sudah tersedia untuk sejumlah pengguna WhatsApp beta di iOS dan Android.

Cara mengirim pesan ke nomor sendiri sama halnya ketika pengguna mengirim pesan ke pengguna lain, hanya saja tujuannya adalah nomornya sendiri.

Jadi, ketika pengguna membuka sebuah obrolan baru dengan cara menekan ikon pesan WhatsApp yang ada, akan tersedia beberapa opsi.

Opsi tersebut mulai dari Grup baru, Kontak baru, Komunitas baru, hingga daftar kontak yang terdaftar di WhatsApp

Pada daftar kontak, nantinya di bagian paling atas muncul nomor atau kontak kalian dengan penanda nama kontak diikuti keterangan (Anda), dan dibagian bawah terdapat keterangan “Kirim pesan ke diri sendiri.”

Pengguna bisa memilih opsi tersebut lalu mengetik dan mengirimkan pesan seperti biasa. Tidak hanya mengirim pesan baru, pengguna juga dapat meneruskan pesan (forward chat) dari pengguna lain ke nomor kalian.

Cara untuk menggunakannya pun sama seperti halnya meneruskan pesan ke nomor kontak lain.

Fitur terbaru ini, tersedia pada aplikasi WhatsApp Android versi beta 2.22.24.9, dan pengguna WhatsApp Android versi beta 2.22.24.11, serta pengguna WhatsApp iOS versi beta 22.23.74. Namun, belum diketahui pasti kapan fitur ini akan dirilis untuk semua pengguna WhatsApp.

Selain itu, meski pengguna mengirimkan pesan ke nomor sendiri, pesan tersebut tetap akan dilindungi oleh enkripsi end-to-end seperti biasanya sehingga pesan yang dikirimkan terjaga keamanannya.

Sebelumnya, fitur ini tidak mendukung konsep WhatsApp multi-device (lebih dari satu perangkat).

Namun, WhatsApp sedang memperbaikinya dan akan memungkinkan pesan yang dikirimkan ke nomor sendiri bisa muncul di segala perangkat yang terhubung.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini