Share

2 Tips Kirim Chat WhatsApp Tanpa Perlu Mengetik

Ahmad Muhajir, Jurnalis · Jum'at 18 November 2022 18:11 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 18 54 2710397 2-tips-kirim-chat-whatsapp-tanpa-perlu-mengetik-QQTD7yfEKd.jpg 2 tips kirim chat WhatsApp tanpa perlu mengetik (Foto: NextPit)

JAKARTA - Ada dua tips untuk mengirim pesan (chat) di WhatsApp yang mungkin belum diketahui banyak orang, sebab ini bisa dilakukan tanpa perlu repot-repot mengetiknya.

Tentunya, tips ini penting untuk diketahui terutama saat Anda sedang tidak sempat mengetik chat karea dalam keadaan mendesak, misalnya sedang mengemudi.

Lantas, bagaimana caranya mengirim chat di WhatsApp tanpa perlu mengetik? Dirangkum dari berbagai sumber, simak dua tips di bawah ini.

1. Manfaatkan Fitur Voice Note

Voice Note (Voice Message) merupakan fitur WhatsApp yang memungkinkan pengguna untuk mengirim pesan suara kepada lawan bicara.

Guna memanfaatkan fitur Voice Note, penggun hanya perlu menekan tombol mikrofon di pojok kanan bawah jendela percakapan. Tahan tombol tersebut selama berbicara.

Jika ingin mengirimnya, cukup lepas tombol tersebut maka file audio akan terunggah secara otomatis. Andai, ingin membatalkan pesan cukup slide ke kiri.

Sedangkan, jika slide ke atas (ikon gembok) maka WhatsApp akan secara terus-menerus merekam suara tanpa harus menekan tombol mikrofon.

2. Pakai Google Voice Typing

Google Voice merupakan fitur penerjemah suara menjadi teks yang sudah ada di hampir semua versi Android. Pengguna pun bisa memanfaatkannya untuk mengirim pesan di berbagai aplikasi, termasuk WhatsApp. Berikut cara menggunakannya.

- Buka jendela percakapan WhatsApp lalu tekan dan tahan tombol spasi.

- Bakal muncul beberapa opsi keyboard, pilih Google voice typing.

- Katakan apa yang ingin ditulis. Google Voice secara otomatis akan mengubahnya menjadi teks.

Demikian pembahasan tentang dua tips megirim chat WhatsApp tanpa perlu mengetik, semoga bisa membantu.

(amj)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini