Share

6 Fakta Unik Paus Sperma, Muntahnya yang Bernilai Tinggi Salah Satunya

Maryam Nurfauziah, Jurnalis · Jum'at 18 November 2022 11:37 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 18 56 2710074 6-fakta-unik-paus-sperma-muntahnya-yang-bernilai-tinggi-salah-satunya-0mBHzfl1vI.jpeg 6 fakta unik paus sperma, muntahnya yang bernilai tinggi salah satunya (Foto: Reuters)

JAKARTA - Paus sperma merupakan hewan besar yang hidup di kedalaman laut. Ia adalah makhluk hidup yang dikategorikan sebagai mamalia.

Ada sejumlah fakta unik dari paus sperma, dan kemungkinan jarang diketahui oleh banyak orang. Lalu, apa saja itu?

Diolah dari kanal YouTube iNews Variety Show, Jumat (18/11/2022), berikut enam fakta unik tentang paus sperma.

1. Oksigen untuk bernafas

Paus Sperma berkembang dengan cara melahirkan. Mamalia ini juga menyusui, selain itu ia hidup dengan paru-paru, maka hewan ini butuh oksigen untuk bernafas.

2. Mampu menelan manusia

Tenggorokan dari paus sperma ini merupakan yang terbesar dari spesies paus yang ada. Maka dari itu, banyak masyarakat yang percaya bahwa paus sperma mampu menelan manusia.

Kendati demikian, karena paus sperma hidup di laut yang sangat dalam, sehingga tidak mungkin paus ini bertemu dengan manusia, apalagi menelannya.

3. Sonar suara

Sonar suara ini merupakan alat pendeteksi bagi paus sperma untuk mengetahui keberadaan di sekitarnya dengan suaranya, misalnya ia bisa menemukan makanan.

Mengingat karena paus sperma hidup di laut yang dalam dan gelap, maka sumber suara inilah yang sangat membantunya.

4. Kemampuan menahan nafas

Paus sperma sangat terkenal dengan kehidupan di laut yang sangat dalam, karena membutuhkan oksigen untuk bisa bertahan di laut, maka hewan mamalia ini mempunyai kemampuan menahan nafas hingga 90 menit.

5. Manfaat muntahan paus

Muntahan yang berwarna abu-abu kehitaman paus sperma merupakan zat lilin yang sudah hinggap lama di dalam tubuh paus. Benda yang bernama ambergris ini akan tenggelam di kedalaman laut.

Namun, tidak jarang pula ambergris ini terbawa hingga ke pantai. Adapun Manfaat dari ambergris, yaitu dapat mempertahankan bau parfum di tubuh seseorang dengan durasi yang lama.

6. Muntahan yang bernilai tinggi

Muntahan paus ini jika dijual bisa mencapai harga yang tinggi, maka populasi hewan ini hampir punah karena diburu oleh manusia untuk mengambil muntahan dari mamalia terbesar ini.

Jika ada yang menemukan ambergris, muntahan tersebut bisa dijual dengan sangat mahal dikarenakan barang yang langka.

Itulah pembahasan mengenai enam fakta uni dari paus sperma yang merupakan hewan mamalia terbesar, semoga bisa menambah wawasan Anda.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini