Share

Sejumlah Fakta Misi Rahasia NASA, Salah Satunya Kirim Simpanse ke Luar Angkasa

Maryam Nurfauziah, Jurnalis · Sabtu 19 November 2022 12:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 19 56 2710696 sejumlah-fakta-misi-rahasia-nasa-salah-satunya-kirim-simpanse-ke-luar-angkasa-tFzXON3wMF.jpeg Sejumlah fakta misis rahasia NASA, salah satunya kirim simpanse ke luar angkasa (Foto: NASA)

JAKARTA - NASA punya banyak rahasia yang mereka tutupi dari publik demi menyamankan khalayak. Jika memang dinyatakan aman, mereka akan mengumumkan hal-hal yang memang layak dikonsumsi banyak orang.

Namun, terdapat sejumlah fakta misi rahasia NASA yang tidak banyak diketahui orang. Apa saja itu? Diolah dari kanal YouTube iNews Variety Show, Sabtu (19/11/2022), selengkapnya berikut ini.

1. NASA Kirim Simpanse

NASA mengirim seekor simpanse yang bernama Ham ke antariksa, di dalam sebuah film dokumenter, diungkapkan proyek ini. Ham diberikan pelatihan khusus oleh angkatan militer New Mexico.

Ham sendiri, sukses melakukan tugasnya pada 31 Januari 1961 dengan mendorong tuas setelah melihat cahaya biru yang berkedip dalam waktu 5 detik.

Kapsul yang diterbangkan pun berhasil mendarat di Samudera Atlantik dengan keadaan yang utuh tanpa kekurangan apapun, termasuk bagian tubuh si Ham.

Dengan berhasilnya proyek ini, ia membuka akses penerbangan jalan bagi Alan Shepard astronot pertama Amerika Serikat untuk ke atas atmosfer Bumi.

2. Bendera Berkibar di Bulan

Misi Apollo 11 beranggotakan Neil Amstrong sebagai astronot pertama yang menginjakkan kaki di Bulan. Foto bendera yang terlihat seperti terkena angin itu masih selalu hangat diperbincangkan mengenai kebenarannya.

Video misi Apollo 11 ini juga masih dianggap sebagai kejadian yang tidak nyata, dinilai misi tersebut tidak benar dan dianggap hanya di sebuah studio saja.

Jika diperhatikan lebih mendetail, tiang bendera ini dibuat dengan bentuk di atasnya seperti siku-siku, dan karena foto ini terlihat kusut, membuat banyak orang yakin foto itu hanya rekayasa.

3. Video Pertama Astronot di Bulan

Video ini mengundang perbincangan banyak orang. Tampak dua astronot yang menginjakkan kaki di Bulan, yakni Neil Amstrong dan Edwin Buzz Aldrin pada 20 Juli 1969.

Sebenarnya, ada orang ketiga yang ikut bernama Michael Collins. Tugas Collins ini hanya beroperasi di sebuh modul yang mengelilingi Bulan selama 21 jam.

Sedangkan, Amstrong dan Edwin beroperasi langsung di daratan Bulan. Ternyata kebenaran video itu bukanlah mereka. Video itu berasal dari film First Man yang rilis tahun 2018.

Film tersebut memang berisikan kehidupan Neil Amstrong yang berjalan di Bulan. Jadi video ini bukan milik NASA, tetapi hanyalah potongan dari sebuah film yang memang berdasarkan kejadian nyata.

4. Video Astronot Berjalan di Bulan

Banyak perbincangan orang bahwa video ini hanya sebuah video parodi, tetapi video ini nyata terjadi. Kesulitan astronot yang berjalan dikarenakan pakaian astronot mereka yang membuat kesulitan.

Memang pakaian ini menjadi kekhawatiran bagi banyak anggota NASA di Bumi. James McBarron merupakan seorang teknolog yang mengerjakan pakaian antariksa untuk setiap program NASA, sehingga dilakukan pembaruan untuk mempermudah para astronot.

5. Pesawat NASA yang Mendekati Matahari

Sangat banyak pertanyaan dalam kejadian ini, karena dibuat heran. Masa sih pesawat bisa mendekati Matahari? Padahal panasnya itu bisa mencapai 1 juta derajat celcius dan bisa membakar apapun yang di dekatnya, sehingga rasanya itu sangat tidak mungkin.

Matahari merupakan bola panas yang terdiri dari helium, hidrogen dan juga unsur lainnya. Maksud dari pesawat yang bisa menembus permukaan Matahari itu adalah fotosfer yang terdiri dari elemen-elemen yang tetap dan memang dekat dengan Matahari melalui gravitasi dan medan magnet.

Pesawat tanpa awak ini yang diberi nama Parker Solar Probe diakui objek manusia yang bisa mendekati paling dekat dengan Matahari. Pesawat ini diluncurkan dari tahun 2018, tetapi para ahli butuh mempelajari dulu sampai akhirnya diumumkan ke khalayak luas di tahun 14 Desember 2021.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini