Share

5 Fakta Menarik Tentang Bulan, di Antaranya Tak Berbentuk Bulat

Maryam Nurfauziah, Jurnalis · Selasa 22 November 2022 15:09 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 22 56 2712543 5-fakta-menarik-tentang-bulan-di-antaranya-tak-berbentuk-bulat-lvHDHDnTdD.jpg 5 fakta menarik tentang Bulan, di antaranya tak berbentuk bulat (Foto: Instagram/@cosmic_background)

JAKARTA - Bulan merupakan salah satu keindahan alam yang bisa dinikmati dengan mata telanjang tanpa perlu bantuan alat apapun. Bentuknya dan pancaran yang datang dari Matahari membuat malam menjadi tidak terlalu gelap.

Namun, walau sudah cukup sering melihatnya, seberapa jauhkah kita mengetahui hal-hal menarik tentang Bulan?

Diolah dari kanal YouTube iNews Variety Show, Selasa (22/11/2022), berikut beberapa fakta menarik mengenai Bulan yang sering Anda lihat di malam hari.

1. Bulan terbentuk sekitar 4,53 miliar tahun lalu

Kita semua tahu bahwa Bulan merupakan satelit Bumi satu-satunya. Namun, tahukah Anda jika Bulan terbentuk sekitar 4,53 miliar tahun yang lalu? Menurut para ilmuwan, Bulan mulai terbentuk sekitar 30 hingga 50 juta tahun setelah terbentuknya tata surya.

Sementara Bumi dipercaya terbentuk lebih dulu sekitar 4,54 miliar tahun yang lalu, para astronom dan peneliti menduga bahwa Bulan terbentuk setelah benda seukuran Mars menghantam Bumi, materialnya meledak ke ruang angkasa, dan akhirnya membentuk Bulan. Tetapi pendapat ini masih dalam perdebatan hingga kini.

2. Ukuran Bulan lebih kecil dari Bumi

Bulan memiliki ukuran lebih kecil dari Bumi, menyebabkan gaya gravitasi di sana tidak sebesar di Bumi. Karena gaya gravitasi yang rendah ketimbang di Bumi, maka berat badan manusia yang tiba di Bulan akan turun hingga 16,5% ketimbang di Bumi.

Itulah kenapa pergerakan manusia di Bulan ketika di film digambarkan lebih ringan ketimbang di Bumi, dan bergerak melompat dipercaya lebih cepat daripada berlari atau berjalan.

3. Permukaan Bulan berdebu dan tandus

Berdasarkan penjelasan dari astronom yang pernah menyinggahi Bulan, permukaan Bulan terdiri dari sisa-sisa gunung berapi yang telah mati, kawah, dan sisa aliran lava. Permukaan ini terlihat berbatu, tandus, dan memiliki warna kelabu.

Menurut penelitian di awal sejarahnya, bagian dalam Bulan cukup cair untuk menghasilkan gunung berapi. Namun karena kondisi cuaca di luar angkasa dengan cepat, bagian tersebut akan mendingin dan mengeras.

4. Manusia tak bisa bernapas di Bulan

Sama seperti yang digambarkan kebanyakan film, jika berada di Bulan manusia tidak bisa bernapas tanpa bantuan oksigen dari baju astronot. Para peneliti menggambarkan jika melepas baju astronot di Bulan, maka manusia akan mengalami masalah serius, yaitu kekurangan oksigen dan egolisme atau penggelembungan cairan tubuh karena pengurangan tekanan di sekitar.

Tekanan di Bulan sangat rendah, sehingga titik didih dalam tubuh akan menurun di bawah suhu normal dan membuat tubuh kita membengkak 2 kali lipat dari ukuran normal.

5. Bulan tak berbentuk bulat

Manusia di Bumi umumnya mengetahui bentuk Bulan adalah bulat. Nyatanya anggapan tersebut keliru. Menurut para astronom, mereka menyebut bentuk utuh Bulan adalah oval. Bulan terlihat bulat karena kita memandangnya dari sudut pandang Bumi.

Bentuk oval Bulan terpengaruh oleh gaya gravitasi Bumi. Gaya tarik Bumi membuat permukaan Bulan yang menghadap Bumi tersebut tertarik, hal tersebutlah yang mengakibatkan bentuk satelit alami Bumi ini menjadi lonjong atau oval.

Dari Bumi hanya sekitar 59% bagian Bulan terlihat oleh manusia. Sebenarnya Bulan berotasi dan setiap sisi Bulan bergiliran mendapat cahaya Matahari.

Hanya saja tidak semua bagian Bulan yang mendapatkan cahaya Matahari dapat diamati dari Bumi, karena Bulan berevolusi mengelilingi Bumi.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini