Share

Kapal Selam Super Mewah Ini Mampu Menyelam di Kedalaman 300 Meter

Tangguh Yudha, Jurnalis · Rabu 23 November 2022 12:47 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 23 56 2713153 kapal-selam-super-mewah-ini-mampu-menyelam-di-kedalaman-300-meter-REXgQYChL2.JPG Kapal selam super mewah ini mampu menyelam di kedalaman 300 meter (Foto: U-Boat Worx)

JAKARTA - Kapal selam super mewah resmi diperkenalkan perusahaan U-Boat Worx baru-baru ini. Diberi nama Super Sub, ia disebut mampu membawa tiga penumpang menyelam 300 meter di bawah air dengan kecepatan hingga 10 knot.

U-Boat Worx, yang merupakan perusahaan asal Belanda mengatakan bahwa kecepatan Super Sub berada di atas rata-rata kapal selam kebanyakan. Itu bahkan 3-4 knot lebih cepat dari kecepatan jelajah tertinggi lumba-lumba hidung botol.

Kapal selam elektrik berbentuk peluru ini, ditujukan untuk para ekowisata yang ingin bermain-main di bawah laut bersama penyu, hiu, dan biota laut lainnya. Desainnya diklaim memiliki dinamika aliran efisien yang sama dengan mobil listrik.

"Kami sangat senang dengan perkembangan ini. Ini adalah sesuatu yang telah kami kerjakan dengan keras, dan sekarang berhasil memiliki kapal selam yang paling dinamis, kami sangat senang," kata CEO U-Boat Worx, Bert Houtman, dikutip dari Daily Mail, Rabu (23/11/2022).

Super Sub, yang memiliki empat pendorong kuat yang menghasilkan daya dorong 60 kw, sebenarnya pertama kali diluncurkan ke dunia pada tahun 2021. Manajer pemasaran U-Boat Worx, Roy Heijdra, mengatakan bahwa harga kapal mulai dari $5,8 juta atau Rp91 miliar untuk model dasar.

"Modelnya sendiri ditujukan untuk pemilik swasta dan usaha komersial. Tidak mengherankan melihat resor kelas atas mengoperasikan Super Sub dalam waktu dekat," kata Heijdra.

Saat ini, Super Sub telah mendapat banyak pengembangan. Sistem pendukung kehidupan Super Sub kini menyediakan setidaknya 96 jam oksigen. Sayangnya, penumpang tidak akan melihat makhluk misterius dari dasar laut karena batas kedalamannya hanya kurang dari 300 meter.

Ini adalah wilayah lautan yang dikenal sebagai zona Mesopelagic atau 'twilight', lapisan terakhir tempat sinar Matahari menembus dengan penghuni laut yang bisa dilihat hanya cumi-cumi, ikan todak, dan ubur-ubur, hingga lumba-lumba.

Dengan ekor panjang dan kabin berbentuk gelembung, Super Sub memiliki berat sekitar 9.072 kg. Desainer di belakang kapal selam inovatif ini mengatakan, kapal dapat melakukan pendakian dan penyelaman 30 derajat yang curam sambil mempertahankan pandangan 360 derajat bagi mereka yang berada di dalamnya.

Super Sub akan menjalani uji coba laut pada musim semi tahun depan, tetapi satu model telah dijual kepada pemilik pertama. Tidak jelas berapa harga yang dikenakan untuk itu atau berapa banyak yang telah dihabiskan U-Boat Worx untuk desain dan pembuatan kapal.

Yang jelas, dengan panjang 5,3 meter dan tinggi 2,1 meter kapal selam super mewah baru ini lebih luas dan lebih cepat daripada kapal selam lainnya.

Super Sub juga memiliki baterai lithium-ion ultra-ringan dan sistem propulsi 62-kilowatt yang mampu bertahan hingga delapan jam di bawah air.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini