Share

Inovasi Toilet Umum Terkini, Bisa Beri Peringatan Jika Tinja Terlalu Bau

Tangguh Yudha, Jurnalis · Rabu 23 November 2022 17:36 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 23 56 2713394 inovasi-toilet-umum-terkini-bisa-beri-peringatan-jika-tinja-terlalu-bau-V4Pdqvj8fq.jpg Inovasi toilet umum terkini, bisa beri peringatan jika tinja terlalu bau (Foto: Istimewa)

JAKARTA - Teknologi canggih turut disematkan bahkan di toilet umum sekalipun, memungkinkan toilet untuk memberi peringatan jika tinja terlalu bau.

Toilet canggih ini, bisa dijumpai di sebuah pusat perbelanjaan di Provinsi Sichuan di China, dilengkapi dengan sensor pelacak bau yang tersemat di dalamnya.

Dikutip dari Metro, Rabu (23/11/2022), nantinya calon pengguna toilet bisa mengetahui mana toilet yang masih baru saja digunakan oleh orang lain atau dalam kata lain masih bau, dan mana toilet yang memang sudah siap digunakan.

Ini bisa dilihat dari layar yang diletakan di depan toilet umum, di mana toilet yang butuh dibiarkan selama lima menit untuk menyegarkan aromanya akan menunjukan warna merah sedangkan yang sudah siap digunakan berwarna hijau.

Sayangnya, tidak diketahui dengan jelas teknologi apa yang digunakan dan pabrikan toilet mana yang menggunkannya. Namun saat ini video terkait toilet canggih yang dapat mencium bau tinja tersebut sudah beredar di internet dan tengah viral.

Salah satu pengunggah video, yang diketahui adalah seorang wanita membagikan pengalamannya menjumpai toilet canggih ini. Ia pun tampak tertawa melihat toliet sembari mengatakan bahwa sebenarnya teknologi seperti itu tidak diperlukan.

Video yang diunggahnya di Douyin atau TikTok versi China itu kemudian mendapat beragam respon dari netizen. Beberapa bahkan menyebut bahwa toilet nantinya akan bisa mengetahui penyakit seseorang atau bahkan melakukan aksi spionase.

(amj)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini