Share

Bukan Hanya Lebah, Semut Jenis Ini Juga Bisa Menghasilkan Madu

Raden Yusuf Nayamenggala, Jurnalis · Kamis 24 November 2022 15:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 24 56 2714029 bukan-hanya-lebah-semut-jenis-ini-juga-bisa-menghasilkan-madu-wV8Ab1Arlo.jpg Bukan hanya lebah, semut jenis ini juga bisa menghasilkan madu (Foto: Wikimedia Commons)

JAKARTA - Masyarakat luas mengetahui hanya lebah yang bisa menghasilkan madu. Padahal, semut pun juga dapat melakukannya. Tetapi, semut yang dimaksud ialah bukanlah semut biasa, melainkan semut jenis honeypot atau semut madu.

Semut madu atau honeypot, merupakan semut pekerja yang tugas utamanya ialah melahap nektar hingga menyimpan madu. Ia punya nama ilmiah Camponotus inflatus.

Diolah dari Oddity Central, Kamis (24/11/2022), semut pekerja tersebut, mengumpulkan nektar dari berbagai tanaman sampai perutnya membesar hingga terlihat siap meledak, dan menumpahkan cairan kuning di dalamnya.

Kemudian, semut madu memuntahkan cairan manis tersebut setiap kali anggota koloni mereka membutuhkan makanan. Spesies seperti Camponotus inflatus terus menerus memberi makan semut honeypot dengan embun madu dan nektar bunga.

Pada satu titik, perut semut madu menjadi sangat besar hingga mereka tidak bisa bergerak. Jadi, mereka hanya bergelantungan pada atap ruang sarangnya, sampai sesama semut membutuhkan makanan.

Sebagian besar spesies semut honeypot ditemukan di daerah kering, gurun, atau semi kering di wilayah Amerika Serikat, Australia, Meksiko, dan benua Afrika.

Wilayah yang demikian, membuat para semut sulit menemukan sumber makanan, sehingga produksi dan penyimpanan madu diyakini merupakan adaptasi untuk bertahan hidup di lingkungan yang keras.

Semut honeypot merupakan sumber daya yang sangat berharga, sehingga koloni semut lain terkadang akan menyerang dan mencurinya.

Di wilayah Australia, suku Aborigin juga menghargai serangga berisi madu tersebut dan akan menolong mereka. Dalam film dokumenter Trials Of Life tahun 1990 , David Attenborough sendiri difilmkan memasukkan semut honeypot ke dalam mulutnya

Lantas, seperti apa semut madu dibandingkan dengan lebah madu? Menurut penelitian, meski kedua varietas tersebut terlihat sangat mirip, semut madu memiliki konsistensi kurang kental daripada lebah madu.

Madu yang dihasilkan semut dikabarkan rasanya manis, namun tidak semanis madu yang dihasilkan oleh lebah. Selain itu, madu yang dihasilkan semut juga memiliki rasa asam yang tidak dimiliki oleh madu dari lebah.

Perbedaan yang signifikan lainnya dari kedua jenis madu tersebut, yakni glukosa hadir dalam jumlah yang lebih tinggi dibanding fruktosa dalam madu semut. Sementara madu lebah kebalikannya. Meski begitu, kedua madu tersebut mengandung antioksidan tinggi.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini