Share

Google Bersiap PHK 10.000 Karyawan dengan Kinerja Buruk

Angeltika Clara Sinaga, Jurnalis · Kamis 24 November 2022 17:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 24 57 2714067 google-bersiap-phk-10-000-karyawan-dengan-kinerja-buruk-wdPRUiKWL7.jpg Google bersiap PHK 10.000 karyawan dengan kinerja buruk (Foto: The Statesman)

JAKARTA - Google dilaporkan tengah bersiap untuk melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap sekitar 10.000 karyawannya yang berkinerja buruk. Langkah ini, diambil menyusul aksi pemecatan yang diterapkan sejumlah raksasa teknologi global.

Dilansir dari Independent, Kamis (24/11/2022), sistem manajemen kinerja baru Google dapat membantu manajer memecat ribuan karyawannya guna memacu pendapatan perusahaan yang beberapa bulan terakhir tercatat mengalami penurunan.

Di bawah sistem baru, para manajer diminta untuk mengkategorikan 6 persen tenaga kerja Alphabet, setara dengan 10.000 ribu karyawan sebagai pekerja yang berkinerja buruk. Sistem ini juga dapat mengurangi jumlah insentif dan stock award yang diberikan kepada karyawan.

Selain dapat meningkatkan produktivitas dari karyawan, sistem baru tersebut juga dapat membantu perusahaan untuk menghemat tekanan pengeluaran sehingga tidak terjadi inflasi. Perusahaan pun mendesak para karyawan untuk bekerja lebih keras lagi.

Beberapa tantangan sepanjang 2022 telah dihadapi oleh perusahaan raksasa teknologi ini, mulai dari dampak pandemi hingga inflasi yang merajalela. Alphabet menunjukkan penurunan laba sekitar 27 persen pada kuartal ketiga dibandingkan dengan tahun lalu.

โ€œJelas kami menghadapi lingkungan makro yang menantang dengan lebih banyak ketidakpastian di masa depan,โ€ kata Sundar Pichai, kepala Google pada bulan Juli.

Menurunnya prospek pendapatan Google terjadi akibat dari merosotnya perdagangan iklan digital karena tingginya harga dan kenaikan suku bunga inflasi.

(amj)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini