Share

Manusia Bisa Komunikasi dengan Kucing Lewat Kedipan Mata

Tangguh Yudha, Jurnalis · Jum'at 25 November 2022 15:07 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 25 56 2714713 manusia-bisa-komunikasi-dengan-kucing-lewat-kedipan-mata-0cOA0MCGKD.JPG Manusia bisa komunikasi dengan kucing lewat kedipan mata (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Baru-baru ini, sebuah penelitian mengungkap bahwa ternyata jika ingin berkomunikasi dengan kucing dimungkinkan hanya lewat kedipan mata.

Psikolog Karen McComb dari University of Sussex di Inggris mengatakan, tindakan mengedipkan mata ini secara perlahan membuat kucing, baik yang memang hewan peliharaan atau yang bukan bisa mendekati dan menerima manusia.

"Sebagai seseorang yang telah mempelajari perilaku hewan dan pemilik kucing, sangat bagus untuk dapat menunjukkan kucing dan manusia dapat berkomunikasi dengan cara ini," katanya, dikutip dari ScienceAlert, Jumat (25/11/2022).

Menurut Karen, kedipan mata sebenarnya mirip dengan ketika kucing mendapat kesenangan misal saat mereka diusap dan sebagainya. Biasanya kucing akan berkedip dan menutup sebagian matanya hingga menyipit.

Karen mengungkapkan, itu merupakan ekspresi senyum si kucing. Bukti anekdotal dari pemilik kucing mengisyaratkan bahwa manusia dapat meniru ungkapan ini untuk menyampaikan kepada kucing jika kita ramah dan terbuka untuk berinteraksi.

Karen sendiri dengan tim psikolog merancang dua eksperimen untuk menentukan apakah kucing berperilaku berbeda terhadap manusia yang berkedip lambat. Dalam percobaan pertama, pemilik mengedipkan mata perlahan pada 21 kucing dari 14 rumah tangga yang berbeda.

Setelah kucing menetap dan nyaman di satu tempat di lingkungan rumah mereka, pemilik diperintahkan untuk duduk sekitar satu meter dan berkedip lambat saat kucing melihat mereka.

Kamera merekam wajah pemilik dan wajah kucing, dan hasilnya menunjukkan, kucing lebih cenderung berkedip lambat pada manusia setelah manusia berkedip lambat pada mereka, dibandingkan dengan kondisi tanpa interaksi.

Eksperimen kedua melibatkan 24 kucing dari delapan rumah tangga yang berbeda. Kali ini, bukan pemiliknya yang berkedip, melainkan para peneliti, yang sebelumnya tidak pernah melakukan kontak dengan kucing tersebut.

Kucing direkam merespons kondisi tanpa kedip, di mana manusia menatap kucing tanpa mengedipkan mata. Para peneliti melakukan proses kedipan lambat yang sama seperti percobaan pertama, menambahkan tangan yang terulur ke arah kucing.

Hasilnya, mereka menemukan bahwa tidak hanya kucing lebih cenderung berkedip kembali, tetapi mereka juga lebih mungkin mendekati tangan manusia setelah manusia berkedip.

Studi ini adalah yang pertama menyelidiki secara eksperimental peran kedipan lambat dalam komunikasi kucing-manusia. Dan Karen mengatakan itu adalah sesuatu yang bisa dicoba sendiri oleh para pecinta kucing di rumah.

"Ini adalah cara yang bagus untuk meningkatkan ikatan yang Anda miliki dengan kucing. Cobalah menyipitkan mata ke arah mereka seperti yang Anda lakukan dalam suasana santai," ujar Karen.

"Tersenyumlah, diikuti dengan menutup mata Anda selama beberapa detik. Anda akan menemukan mereka merespons dengan cara yang sama dan Anda dapat memulai semacam percakapan," pungkasnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini