Share

Ada Penjual Narkoba hingga Senjata, 95% Dark Web Berisi Kejahatan

Syifa Fauziah, Jurnalis · Sabtu 26 November 2022 19:29 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 26 54 2715425 ada-penjual-narkoba-hingga-senjata-95-dark-web-berisi-kejahatan-QRGee59VFR.jpg Ilustrasi Dark Web. (Foto: Shutterstock)

TIDAK bisa dipungkiri, saat ini kehidupan manusia sangat berdampingan dengan teknologi. Bahkan menurut data statistik ada 204,7 juta masyarakat Indonesia yang terkoneksi dengan internet.

IT Profesional, Dr. Pratama Persada hal ini perlu diwaspadai karena 95 persen hal-hal yang berada di internet isinya tidak bermanfaat.

"Kalau dilihat struktur internet misalnya website Perindo gampang kita baca. Tapi ada 94 persen di bawahnya itu dark web, deep web, yang didalamnya penuh dengan kejahatan," ujar Pratama saat dalam Podcast Aksi Nyata, Sabtu (26/11/2022).

Dark Web

"Kalau mau beli senjata, narkoba, beli orang bisa, beli apapun bisa, banyak organisasi teroris dan lain sebagainya, biasanya penjahat ada di situ," tambah dia.

Pratama menjelaskan sebagai generasi milenial dan Gen Z pastinya harus berhati-hati saat berselancar di media sosial sebab tak jarang data kita dapat dilacak oleh orang lain. Hal yang perlu diperhatikan adalah jangan membuat password sembarangan dan sebaiknya ganti password secara berkala.

Follow Berita Okezone di Google News

"Ketika diambil alih susah diambilnya apalagi pakai password yang sama kayak media sosial dan email. Nah ini yang sering terjadi. Kadang kita mikir siapa yang mau nyerang dan ambil akun kita, padahal hacker nggak pilih kasih," tuturnya.

"Ancaman selalu ada di internet dan nggak ada yang selamat. Kita hanya jadi korban dan calon korban karena semua data kita udah kesebar," tuturnya.

Pratama menyarankan untuk mengecek kebocoran data kita melalui beberapa website salah satunya website, yaitu monitor.firefox.com. "Di situ kemudian cek datanya bocor atau enggak. Terpublish nggak di internet, ada miliaran akun yang bocor di sana," pungkasnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini