Share

5 Tips Cegah Kebocoran Password di Media Sosial

Syifa Fauziah, Jurnalis · Sabtu 26 November 2022 20:29 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 26 54 2715429 5-tips-cegah-kebocoran-password-di-media-sosial-XmTXAVScf7.jpg Podcast Aksi Nyata.

FENOMENA kebocoran data karena hacker ataupun lainnya memang tengah populer belakangan ini. Hal itu tentu saja sangat mengkhawatirkan. Sebab data yang bocor bisa disalahgunakan untuk hal-hal yang tidak baik termasuk kejahatan.

IT Profesional, Dr. Pratama Persada menyebut bahwa sebenarnya kebocoran data diri di media sosial sulit diatasi, namun ada hal-hal yang bisa dilakukan untuk mencegahnya.

"Kalau mau ngamanin akun media sosial, kalau belum diamankan orang lain amankan diri sendiri dulu," ujarnya dalam Podcast Aksi Nyata bertajuk 'Tips dan Trik Mengamankan Akun Medsos dari Serangan Hacker', Sabtu (26/11/2022).

Dalam kesempatan itu, Pratama membagikan tips agar akun media sosial tidak bocor, Berikut rangkumannya.

pilih password yang kuat

Pratama menyarankan untuk tidak memakai nama pacar, nama selingkuhan, hingga tanggal lahir, karena data sudah bocor. "Cari yang kuat, kayak 10 karakter, huruf besar kecil, simbol dan lain-lain," jelasnya

Ganti password secara berkala

Saat ini data sudah bocor kemana-mana termasuk username dan password. Artinya orang-orang yang tidak ganti password, hacker dapat dengan mudah masuk ke akun kita. "Siapapun, segera ganti password," tegas Pratama.

Follow Berita Okezone di Google News

Jangan gunakan password yang sama di semua akun

Kalau satu di hack yang lain aman sehingga hacker bisa ambil satu akun saja jadi covernya lebih gampang.

 

Jangan klik link sembarangan

Link tidak jelas itu sumber bencana. Kalau dikirim link lebih baik nggak usah dibuka, itu modus namanya fishing, modus pencurian informasi selalu jadi top 5 di dunia tiap tahun yang nggak bisa dihindari oleh orang-orang karena berhubungan dengan social engineering.

Jangan gunakan wifi sembarangan.

Tidak bisa dipungkiri generasi milenial dan Gen Z fakir sinyal. sehingga paket data disayang-sayang lebih banyak pakai wifi gratisan, padahal dengan pakai wifi publik gampang sekali mengambil alih akun orang dan ambil alih device orang. Jadi lebih baik menghabiskan kuota saat di luar rumah daripada aku diretas.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini