Share

Kenapa Seseorang Bisa Gugup Jika Berbicara di Depan Umum? Penjelasan Ilmiahnya Begini

Angeltika Clara Sinaga, Jurnalis · Sabtu 26 November 2022 13:06 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 26 56 2715237 kenapa-seseorang-bisa-gugup-jika-berbicara-di-depan-umum-penjelasan-ilmiahnya-begini-5mEbDS0nxN.jpg Kenapa seseorang bisa gugup jika berbicara di depan umum? Penjelasan ilmiahnya begini (Foto: Depositphotos)

JAKARTA - Bagi sebagian orang, berbicara di depan umum selalu jadi hal yang sulit untuk dilakukan. Banyak hal yang dirasakan ketika kita coba untuk berbicara di depan khalayak, seperti jantung berdegup kencang, keringat bercucuran, pandangan tiba-tiba menghilang, bahkan sampai pingsan.

Dilansir dari kanal YouTube Kok Bisa?, Sabtu (26/11/2022), survei menyatakan bahwa berbicara di depan umum itu adalah hal yang paling ditakuti manusia dibandingkan dengan takut ketinggian, binatang, tenggelam, darah, suntikan, ruangan sempit, dan lainnya.

Takut untuk berbicara di depan umum ternyata ada sebutannya, yaitu glossophobia. Faktanya, orang yang mengalami glossophobia ini memiliki ketakutan yang kuat ketika berbicara di depan umum, di mana seseorang takut dihakimi, dipermalukan, atau ditolak oleh banyak orang.

Rasa takut salah tersebut, mengaktifkan bagian di otak dan sistem saraf simpatik sehingga tekanan darah kita naik kemudian muncul keringat yang berlebih. Tidak hanya itu, otak kita kehilangan oksigen yang membuat sistem pernapasan kita tidak beraturan.

Sangat wajar jika muncul rasa gugup atau grogi saat tampil di depan umum, dan tentu setiap orang pernah mengalami hal tersebut. Bahkan para ahli atau legenda, seperti Steve Jobs, pendiri Apple, selalu berlatih terus-menerus sebelum mulai berpidato.

Cara untuk menghilangkan rasa gugup tersebut adalah dengan belajar tidak lari dari ketakutan. Hal yang perlu diingat bahwa gugup itu perasaan alami dan tidak bisa kita kontrol sehingga kita harus fokus pada sesuatu agar tidak hilang arah.

Selain itu, perlu untuk berlatih berbicara di lingkungan yang mirip dengan kondisi yang akan dihadapi nantinya. Misalnya, coba untuk latihan bicara di depan kelompok kecil atau beberapa teman agar terbiasa bicara dilihat oleh orang lain sehingga tumbuh kepercayaan diri.

Nyatanya, semua orang pasti akan dihadapi oleh situasi demikian, suatu saat ada waktu di mana kita harus berbicara di depan banyak orang apapun itu profesi yang dimiliki. Oleh karena itu, yang perlu dilakukan adalah hadapi, tenangkan diri, kemudian maju dan bicara lantang di depan banyak orang.

Follow Berita Okezone di Google News

(amj)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini