Share

Hindari Pasang CCTV di Rumah pada Bagian Ini Supaya Lebih Efektif

Tangguh Yudha, Jurnalis · Sabtu 26 November 2022 09:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 26 57 2715171 hindari-pasang-cctv-di-rumah-pada-bagian-ini-supaya-lebih-efektif-Uphxztv6qA.jpg Hindari pasang CCTV di rumah pada bagian ini supaya lebih efektif (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - CCTV biasanya dipasang pemilik rumah untuk mewanti-wanti maling atau bisa juga untuk melacaknya, mengingat kasus pembobolan rumah masih kerap terjadi.

Namun, tidak jarang pemasangan CCTV tidak dilakukan pada titik yang tepat, sehingga seringkali tidak efektif atau bahkan bisa dibilang sia-sia.

Diolah dari CNET, Sabtu (26/11/2022), berikut ini adalah beberapa titik yang patut dihindari jika ingin memasang CCTV supaya lebih efektif.

1. Memasang CCTV di tempat yang sulit terlihat

Sebenarnya masuk akal memasang CCTV di tempat yang sulit dilihat oleh orang, tetapi nyatanya ini juga akan menyulitkan kita untuk memantau setiap pergerakan. Sebagian besar pencuri memasuki rumah melalui jalur yang paling jelas.

Menurut data perusahaan keamanan ADT, 34% pencuri masuk melalui pintu depan dan 22% menggunakan jendela lantai satu. Mengarahkan kamera ke ruang-ruang ini dapat mencegah potensi pembobolan dan dapat memudahkan identifikasi maling.

Berbeda ketika menempatkannya di gang atau belakang rumah, mungkin akan menangkap seseorang yang ingin menyelinap, tetapi kemungkinan besar akan melewatkan tindakan momen saat orang tersebut benar-bensr menyelinap.

2. Memasang CCTV di lokasi yang terhalang

Telitilah ketika memasang CCTV di luar rumah. Pastikan jangkauan pandang kamera aman dari segala macam benda yang menghalangi, misalnya dari dahan pohon. Pastikan ketika angin berhembus, dahan pohon yang bergoyang tidak menghalangi pandangan.

Selain itu juga hindari memasang CCTV di dekat tiang bendera mengingat posisi bendera juga gampang sekali berubah. Temukan tempat yang bersih dari halangan dan memiliki pemandangan bagus ke ruang yang ingin diawasi.

3. Memasang CCTV di lokasi yang melanggar privasi

Meskipun tujuannya adalah untuk nemastikan keamanan rumah, namun jangan juga mengabaikan privasi orang lain. Penting untuk mempertimbangkan masalah privasi seputar penempatan kamera.

Jangan letakkan kamera keamanan di kamar mandi atau kamar tidur. Ini berisiko membuat siapa pun yang tinggal di rumah berada dalam posisi yang tidak nyaman dan dapat membawa kita dalam masalah hukum.

Demikian juga ketika menempatkan CCTV di luar rumah. Pastikan tidak mengganggu privasi tetangga. Pastikan hanya mrngarahkan kamera kebarea rumah yang paling penting bagi kita.

Follow Berita Okezone di Google News

(amj)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini