Share

Rekor Penerbangan Apollo 13 Direbut Pesawat Orion NASA

Raden Yusuf Nayamenggala, Jurnalis · Minggu 27 November 2022 19:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 27 56 2715641 rekor-penerbangan-apollo-13-direbut-pesawat-orion-nasa-9vBboPEUNE.jpg Rekor penerbangan Apollo 13 direbut pesawat Orion NASA (Foto: NASA)

JAKARTA - Pesawat Orion NASA dalam misi Artemis I memecahkan rekor baru, sebab mampu terbang lebih jauh daripada pesawat ruang angkasa mana pun yang dirancang untuk membawa astronot.

Rekor sebelumnya, dipegang oleh Apollo 13 pada tahun 1970. Tetapi, kini Orion berada di sekitar 401.798 kilometer dari Bumi, jangkauan yang lebih jauh dari Apollo 13, yakni 400.171 kilometer.

"Misi Artemis I dirancang untuk menekankan sistem Orion dan kami menetap di orbit retrograde jauh sebagai cara yang sangat baik untuk melakukan itu," ujar Jim Geffre, manajer integrasi pesawat ruang angkasa Orion, dikutip dari Engadget, Minggu (27/2022).

Selain itu, Jim Geffre juga menambahkan, kebetulan dengan orbit yang sangat besar dan ketinggian di atas Bulan, Orion bisa melewati rekor Apollo 13.

"Namun yang lebih penting adalah mendorong batas eksplorasi dan mengirim pesawat ruang angkasa lebih jauh dari yang pernah kami lakukan sebelumnya," ungkap Jim.

Pada awal pekan ini, Orion telah menyelesaikan penerbangannya melintasi Bulan.

Setelah pesawat ruang angkasa tersebut menyelesaikan setengah orbit di sekitar satelit, maka Orion akan melontarkan dirinya sendiri ke arah Bumi.

NASA memperkirakan, pesawat Orion akan mendarat di lepas pantai San Diego pada 11 Desember 2022 mendatang.

Follow Berita Okezone di Google News

(amj)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini