Share

Telekonsultasi BPJS Kesehatan di Mobile JKN

Imam Rachmawan, Jurnalis · Senin 28 November 2022 13:50 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 28 16 2716186 telekonsultasi-bpjs-kesehatan-di-mobile-jkn-VxkioAUjcJ.jpg Foto: dok BPJS Kesehatan

Telekonsultasi dari BPJS Kesehatan merupakan pemberian pelayanan kesehatan melalui sistem informasi yang digunakan oleh Dokter di FKTP (Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama) kepada peserta melalui aplikasi Mobile JKN dari BPJS Kesehatan. Pelayanan Telekonsultasi ini dapat diakses oleh peserta melalui fitur “Konsultasi Dokter” di Mobile JKN.

Layanan Telekonsultasi dari BPJS Kesehatan merupakan layanan gratis dan tidak dipungut biaya apapun, peserta hanya perlu memastikan status kepesertaannya aktif. Adapun jenis layanan yang tersedia, tujan dan manfaat, serta cara melakukan Telekonsultasi adalah sebagai berikut.

BACA JUGA:Kepala RSAL dr. R. Oetojo Ajak Peserta Manfaatkan Digitalisasi Layanan Lewat Mobile JKN

Jenis layanan Telekonsultasi:

1. Konsultasi upaya promotif dan preventif individual kepada peserta Program JKN

2. Konsultasi medis kepada peserta sesuai indikasi medis

3. Konsultasi dan pemantauan pengobatan pasien kronis

4. Konsultasi upaya pencegahan penyebaran Covid-19

Tujuan dan Manfaat Telekonsultasi:

1. Alternatif Layanan - Alternatif pelayanan kesehatan pada masa pandemi Covid-19

2. Mudah - Akses layanan di FKTP sehingga menjadi lebih mudah, lebih cepat dan pasti

3. Pemantauan - Tertanganinya masalah kesehatan peserta JKN dan terpantau/terkendalinya status kesehatan pasien kronis pada masa pandemi

4. Pencegahan Covid-19 - Mendukung upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di FKTP

5. Akses Layanan - Kemudahan akses bagi FKTP untuk memberikan layanan bagi peserta dan kemudahan pemantauan kesehatan pasien kronis

Cara Melakukan Telekonsultasi:

1. Buka aplikasi Mobile JKN dan Pilih ”Daftar” untuk membuat akun Mobile JKN bagi peserta yang belum pernah menggunakan Mobile JKN atau Log in ke akun Mobile JKN bagi peserta yang sudah pernah menggunakan Mobile JKN.

2. Setelah masuk, peserta memilih fitur ”Konsultasi Dokter”. Bagi peserta yang belum melakukan Skrining Kesehatan, sebelum peserta dapat melakukan telekonsultasi, peserta perlu melakukan skrining kesehatan di Mobile JKN.

3. Peserta dapat memilih lambang tambah chat berwarna biru di bagian kanan bawah, lalu memilih dokter yang tersedia untuk konsultasi kesehatan.

4. Setelah memilih dokter, peserta mengisi keluhan dan memulai konsultasi dengan dokter dengan memilih ”Mulai Chat”.

Follow Berita Okezone di Google News

(FDA)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini