Share

Sering Dikaitkan Hal Mistis, Begini Pandangan Sains Soal Kesurupan

Angeltika Clara Sinaga, Jurnalis · Senin 28 November 2022 14:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 28 56 2716237 sering-dikaitkan-hal-mistis-begini-pandangan-sains-soal-kesurupan-p715nTM4Ws.jpg Sering dikaitkan hal mistis, begini pandangan sains soal kesurupan (Foto: Antara)

JAKARTA - Banyak orang percaya kesurupan berkaitan dengan hal-hal mistis yang disebabkan oleh setan atau makhluk halus. Isu seperti ini, bukan hal baru khususnya di Indonesia.

Kesurupan merupakan istilah yang dipakai untuk menjelaskan kondisi seseorang yang mengekspresikan tingkah laku di luar kesadaran mereka. Maka itu, kita mungkin sering melihat tiba-tiba orang teriak memberontak atau nangis histeris.

Dilansir dari kanal YouTube Kok Bisa?, Senin (28/11/2022), jika fenomena ini dilihat dari sisi sains, sebenarnya kesurupan itu disebut sebagai gangguan kejiwaan pada seseorang atau penyakit mental yang disebabkan oleh berbagai faktor.

Jenis gangguan mental tersebut, disebut juga Possession Trance Disorder yang ditandai dengan hilangnya sebagian atau seluruh integrasi akan pikiran, identitas kesadaran, dan memori akan lingkungannya seolah-olah terpisah dari tubuh.

Possession Trance ditandai dengan perubahan sementara pada identitasnya, di mana identitas normal seseorang diganti atau seolah-olah dirinya dirasuki sesuatu yang dipercayai seperti roh, hantu, atau orang lain sehingga akan berhalusinasi dan mengalami amnesia sesaat.

Berbeda dengan Trance Disorder, di mana seseorang masih bisa menyadari identitas dirinya tetapi kehilangan kesadaran terhadap kejadian di sekitarnya sehingga jadi susah untuk berbicara ataupun bergerak.

Faktor penyebab kesurupan ternyata bukanlah karena kemasukan roh atau hantu. Menurut para ahli, seorang yang kesurupan atau yang terjadi secara massal disebabkan karena faktor genetik, lingkungan, ekonomi, serta trauma di masa lalu.

Kesurupan bisa terjadi karena dipicu kondisi stress dan tekanan mental. Biasanya kesurupan massal terjadi karena sugesti dari seseorang di sekitarnya yang mengalami kejadian yang sama. Misalnya pelajar sekolah kelas 3 yang akan ujian merasa tertekan, kemudian pelajar lain ikut stress dan panik.

Para ahli dan peneliti menyebutkan peristiwa tersebut sebagai histeria massal. Namun, masih banyak orang yang mengganggap bahwa gangguan atau kondisi ini dikaitkan dengan orang yang mengalami epilepsi (gangguan sistem saraf), tourette’s syndrome (kelainan), dan skizofrenia (gangguan pikiran dan emosi).

Seperti yang telah dijelaskan secara ilmiah, penyebab kesurupan itu akibat stres yang berdampak pada penyakit mental atau kejiwaan sehingga cara mengatasinya melalui tindakan medis dari dokter atau psikolog.

Follow Berita Okezone di Google News

(amj)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini