Share

Steam Pecahkan Rekor Baru Jumlah Pemain, Hampir Sentuh Angka 32 Juta

Maryam Nurfauziah, Jurnalis · Selasa 29 November 2022 17:10 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 29 326 2717117 steam-pecahkan-rekor-baru-jumlah-pemain-hampir-sentuh-angka-32-juta-4F0OD9zU1B.JPG Steam pecahkan rekor baru jumlah pemain, hampir sentuh angka 32 juta (Foto: GosuGamers)

JAKARTA - Platform game PC digital, Steam, mencatat rekor dengan jumlah pemain yang sangat banyak, ia memecahkan rekor sebelumnya yang dibuat awal tahun ini.

Steam berhasil mencetak rekor dengan hampir 32 juta pemain di platformnya pada waktu yang bersamaan selama akhir pekan, tepatnya hingga 31.349.780 pemain.

Dilansir dari News.com.au, Selasa (29/11/2022), angka tersebut termasuk pemain yang tidak beraktivitas, pemain yang masuk ke Steam dan aktif di PC tetapi tidak bermain game melalui platform, dan sekitar 10 juta pemain dilaporkan aktif memainkan game Steam.

Steam merupakan platform game nomor satu di PC Windows, dengan lebih dari satu juta akun dan lebih dari 120 juta pengguna aktif bulanan.

Platform ini, menampung lebih dari 50.000 game, dengan lusinan game ditambahkan setiap hari, dari game indie kecil hingga game AAA beranggaran tinggi dari penerbit besar.

Rekor sebelumnya, yaitu mencapai 30.049.264 pemain yang ditetapkan bulan Oktober, dan sebelum itu rekor di bawah 30 juta pemain ditetapkan pada bulan Maret.

Selama masa pandemi Covid-19 dua tahun terakhir ini, jumlahnya telah meningkat secara keseluruhan dengan lebih banyak orang yang aktif di PC mereka, baik karena bekerja dari rumah, berinvestasi dalam game PC selama pandemi, atau hanya memiliki lebih banyak waktu untuk bermain game PC.

Adapun untuk game yang paling banyak dimainkan selama akhir pekan itu termasuk CS: GO, Dota 2, PUBG: Battlegrounds, dan Call of Duty: Modern Warfare 2 yang baru dirilis, sehingga bisa mengumpulkan lebih dari 373.000 pemain.

Meskipun jumlah tersebut tidak terlihat banyak ketika mempertimbangkan hampir 10 juta pemain aktif di platform, tetapi mengingat game ini juga tersedia melalui peluncur Activision sendiri, kemungkinan jumlahnya jauh lebih tinggi secara keseluruhan.

Kemungkinan besar rekor tersebut akan dipecahkan sekali lagi selama liburan, karena lebih banyak pemain game yang memiliki waktu luang untuk mendedikasikan hobinya, terlebih nanti pada saat libur Natal dan Tahun Baru.

Selain itu, mengingat Steam yang saat ini juga sedang melaksanakan Autumn Sale 2022 yang memberikan diskon dengan nominal yang sangat menggiurkan, rekor di atas kemungkinan akan masih meningkat lagi dalam beberapa hari ke depan.

Follow Berita Okezone di Google News

(amj)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini