Share

Virus Zombie Berusia 50 Ribu Tahun Dihidupkan Kembali

Tangguh Yudha, Jurnalis · Rabu 30 November 2022 13:07 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 30 56 2717651 virus-zombie-berusia-50-ribu-tahun-dihidupkan-kembali-8V5rKZgdJw.jpg Virus zombie berusia 50 ribu tahun dihidupkan kembali (Foto: Reuters)

JAKARTA - Sebanyak 13 varian virus beku ditemukan dalam tujuh sampel berbeda dari permafrost Siberia. Untuk lebih mengenal virus ini, tim ilmuwan dari Pusat Penelitian Ilmiah Nasional Prancis telah menghidupkan kembali beberapa di antaranya.

Dilansir dari Metro pada Rabu (30/11/2022), dari hasil penelitian diketahui bahwa salah satu varian virus tersebut berusia hampir 50.000 tahun. Para ilmuwan bahkan menyebutnya sebagai virus zombie.

Ahli mikrobiologi, Jean-Marie Alempic, mengungkap jika virus bisa tetap menular setelah lebih dari 48.500 tahun bersemayam di permafrost yang dalam. Virus dengan DNA besar ini disebut dapat menginfeksi Acanthamoeba.

Ia pun mengatakan, sebagian besar virus yang ditemukan dalam penelitian ini akan diusulkan menjadi bagian dari keluarga virus Pandoraviridae yang memiliki DNA beruntai ganda dan menginfeksi amuba.

Kendati demikian, analisis yang lebih mendalam tetap diperlukan untuk menentukan lebih banyak informasi tentang virus tersebut.

"Berapa lama virus ini dapat tetap menular setelah terpapar kondisi luar ruangan (sinar UV, oksigen, panas), dan seberapa besar kemungkinan mereka akan bertemu dan menginfeksi inang yang sesuai dalam interval tersebut, belum mungkin diperkirakan," kata penelitian tersebut.

Dengan gletser dunia mencair lebih cepat dari sebelumnya, hanya masalah waktu sebelum virus ini kembali ke dunia. Jadi, menghidupkan virus untuk mempelajari lebih dalam tentangnya mungkin bukan ide yang buruk.

Follow Berita Okezone di Google News

(amj)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini