Share

Apakah Kota Hilang Atlantis Hanya Fiksi? Begini Sudut Pandang Sains

Angeltika Clara Sinaga, Jurnalis · Rabu 30 November 2022 15:09 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 30 56 2717781 apakah-kota-hilang-atlantis-hanya-fiksi-begini-sudut-pandang-sains-c4MSnSD8O3.jpg Apakah kota hilang Atlantis hanya fiksi? Begini sudut pandang sains (Foto: Freepik)

JAKARTA - Atlantis sebagai anak benua dari pulang yang "hilang" nyatanya banyak memikat masyarakat. Mulanya kota ini dipercaya kaya raya, indah, maju dan memiliki teknologi canggih pada suatu masa.

Namun, kejayaan dari kota Atlantis hilang terkubur bersama dengan pulau mereka yang tenggelam di bawah laut akibat kesombongan dan kerakusan diri mereka.

Dilansir dari kanal YouTube Kok Bisa?, Rabu (30/11/2022), kisah Atlantis ini ditulis oleh seorang filsuf Yunani terkenal, yaitu Plato dalam buku Timaeus dan Critias sekitar 360 Sebelum Masehi.

Gagasan tentang "Atlantis" sebagai kota bawah laut yang hilang menjadi salah satu pertanyaan terbesar dalam sejarah yang belum terungkap. Akibat pengetahuan bawah laut yang masih terbatas, muncul pertanyaan tentang apa benar ada kota hilang?

Banyak ahli, penjelajah laut, ilmuwan yang mencari kebenaran tentang kota Atlantis tersebut. Selama bertahun-tahun dan beberapa generasi topik mengenai pencarian kota Atlantis ini masih terus dilakukan.

Kemudian, mucul dugaan atau beberapa perbandingan dari negara yang sekiranya memiliki ciri-ciri yang mirip dengan Atlantis. Ada juga dugaan kota tersebut hilang akibat letusan gunung berapi ribuan tahun lalu yang menghancurkan peradaban di pulau wilayah Yunani.

Kendati demikian, sampai saat ini tidak ada bukti peninggalan atau sisa-sisa dari kota Atlantis. Pada akhirnya, sebagian orang pun menganggap bahwa "kota hilang" yang ditulis oleh Plato hanyalah dongeng dan sebenarnya tidak pernah ada.

Selain itu, pemikiran-pemikiran lain muncul jika Plato hanya menggunakan Atlantis sebagai cerita fiksi belaka untuk menyampaikan pesan-pesan yang ada di dalam bukunya. Perlahan, para ahli dan ilmuwan menemukan bukti kalau permukaan Bumi terus bergerak.

Menurut sains, hal tersebut membuktikan jika adanya sebuah kota atau benua di bawah laut itu hampir mustahil keberadaannya. Walaupun asalnya jelas dalam fiksi, tetapi masih banyak orang selama berabad-abad telah mengklaim kalau pasti ada kebenaran di balik cerita Atlantis.

Kisah Atlantis ini tetap hidup karena didorong oleh imajinasi dan pendapat dari publik dengan ide tentang utopia tersembunyi yang telah lama hilang, padahal istilah "kota Atlantis yang hilang" tidak pernah hilang karena memang tidak pernah ada kebenaran dan jejaknya.

Follow Berita Okezone di Google News

(amj)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini