Share

3 Ruang Rahasia di Piramida Mesir, Ada yang Sebesar Pesawat

Maryam Nurfauziah, Jurnalis · Kamis 01 Desember 2022 12:37 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 01 56 2718439 3-ruang-rahasia-di-piramida-mesir-ada-yang-sebesar-pesawat-iZD6tgJdYo.jpg 3 ruang rahasia di piramida Mesir, ada yang sebesar pesawat (Foto: The Travel)

JAKARTA - Piramida adalah simbol Mesir yang paling ikonik sepanjang sejarah. Struktur batu dengan desain bertumpuk ini menjadi salah satu daya tarik utama di daratan "Negeri Para Nabi."

Meskipun sudah ratusan tahun berdiri, nyatanya masih saja terdapat fakta menarik yang baru ditemukan para arkeolog mengenai bangunan khas tersebut.

Diolah dari kanal YouTube iNews Variety Show, Kamis (1/12/2022), inilah tiga ruang rahasia yang berada di piramida Mesir:

1. Ruang rahasia sebesar pesawat di Piramida Giza

Beberapa waktu lalu, arkeolog menemukan ruang rahasia sebesar pesawat di piramida giza. Terletak dekat dengan kota Kairo, bangunan te4rsebut memang menyimpan banyak rahasia yang tidak terpecahkan sejak 4. 500 tahun yang lalu.

Penemuan ruang besar itu. berawal dari tiga ruangan yang ditemukan para arkeolog. Ketiga ruangan tersebut, yaitu ruang galeri, kamar raja, dan kamar ratu.

Namun, ketika memetakan ketiga ruangan itu, tim arkeolog mendeteksi adanya kekosongan besar di atas ruang galeri yang menghubungkan kamar raja dan ratu. Ruang kosong tersebut memiliki panjang lebih dari 40 meter dengan tinggi 8,6 meter.

Hingga saat ini, para peneliti masih mengumpulkan data mengenai kegunaan ruangan besar yang ada di dalam piramida setinggi 146,6 meter ini.

Sebagai informasi, piramida giza ini sebelumnya sudah ditetapkan sebagai makam terbesar di dunia, di mana dalam piramida ini Firaun yang merupakan raja Mesir yang hidup di zaman Nabi Musa A.S dimakamkan.

Follow Berita Okezone di Google News

2. Ruang rahasia Sphinx diduga tempat menyimpan harta karun

Ruang rahasia juga ditemukan saat arkeolog meneliti piramida sphinx. Para sejarawan percaya piramida dengan bentuk kepala manusia dan berbadan singa ini sudah dibangun sekitar 2.500 tahun sebelum masehi.

Sebelumnya, peneliti sudah menemukan lebih dulu terowongan yang terhubung ke beberapa gua besar. Penelitian yang berkelanjutan pun membawa para arkeolog ini ke kedua ruangan yang masih diduga sebagai ruang penyimpanan harta sang raja.

Tetapi, para peneliti mengatakan masih perlu investigasi lebih lanjut untuk mengeksplorasi dan mencari tahu apa ruangan di bawah sphinx ini, mengapa ruangan tersebut dibuat, dan apa yang ada di dalamnya.

3. Ruang rahasia penyimpanan benda seni di Piramida Bent

Berjarak 40 kilometer dari kota Kairo, terdapat Piramida Bent di kota Dahshur. Berbeda dengan piramida-piramida Mesir lainnya, Bent menjadi satu-satunya piramida yang masih memiliki permukaan asli batu kapur yang dipoles.

Diyakini bahwa piramida Bent adalah piramida Mesir pertama yang dibangun pada masa pemerintahan raja Firaun Sneferu pada 3.700 tahun sebelum masehi.

Dalam penelitiannya, para arkeolog mesir menemukan tangga menuju ruangan tengah piramida, dan hebatnya tangga beserta ukiran yang ada di dinding sampingnya tersebut masih dalam kondisi yang sangat baik.

Beberapa peneliti mengatakan ruangan tersebut digunakan sebagai tempat penyimpanan benda seni, karena sebelumnya juga sempat ditemukan 6 patung Sneferu.

Itulah tiga ruangan-ruangan rahasia yang ada di beberapa piramida Mesir, sampai saat ini masih diteliti oleh para arkeolog.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini