Share

Daftar 4 Penemuan Misterius di Antartika, Salah Satunya Meteorit

Maryam Nurfauziah, Jurnalis · Sabtu 03 Desember 2022 06:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 02 56 2719510 daftar-4-penemuan-misterius-di-antartika-salah-satunya-meteorit-DCs3wh2NT1.jpg Daftar 4 penemuan misterius di Antartika, salah satunya meteoroit (Foto: Nature)

JAKARTA - Daratan Antartika memang sangat misterius dan dipercaya masih memiliki beberapa misteri yang belum ditemukan. Bahkan orang-orang banyak yang mempertanyakan apa saja sih yang ada di Antartika?

Namun, selama ini ada beberapa penemuan yang cukup mengejutkan. Penemuan ini dapat terungkap dikarenakan adanya tim ekspedisi khusus untuk mencari tahu lebih jauh tentang benua tidak berpenghuni ini.

Diolah dari kanal YouTube iNews Variety Show, Sabtu (3/12/2022), berikut adalah beberapa penemuan paling misterius yang ditemukan di Antartika.

1. Fosil telur raksasa

Pada tahun 2011 silam, para peneliti mendapatkan sebuah telur raksasa di pesisir perairan Antartika. Fosil telur tersebut memiliki ukuran panjang 29 centimeter dan lebar 20 centimeter serta tekstur cangkang yang lunak.

Dari temuan tersebut, para ilmuwan meyakini bahwa telur tersebut adalah telur dari hewan purba laut yang bernama Mosasaurus. Mosasaurus sendiri adalah hewan laut purba yang memiliki panjang mencapai 6 meter.

Ilmuwan menduga bahwa telur ini adalah telur yang tidak sempat menetas saat masa kepunahan berabad-abad lalu. Jangan-jangan beberapa hewan tersebut masih ada sampai sekarang.

2. Meteorit

Setahun setelah ditemukan fosil telur, sebuah kelompok ilmuwan dari Jepang dan Belgia menemukan adanya asteroid seukuran bola golf di antara tumpukan es.

Diyakini batuan luar angkasa tersebut adalah meteorit yang tidak sengaja terawetkan secara alami sejak jutaan tahun yang lalu. Uniknya, di dalam batuan angkasa tersebut terkandung banyak sekali asam amino dan lebih mencengangkannya lagi, ilmuwan mengatakan kalau batu tersebut lebih tua dari Tata Surya kita.

Hal ini didasari dengan adanya kandungan senyawa mineral silika di dalamnya sama persis seperti yang ada di dalam Bintang-Bintang kuno sebelum Matahari terbentuk.

Follow Berita Okezone di Google News

3. Lubang terdalam

Saking banyaknya salju yang ada di Antartika membuat para ilmuwan penasaran dengan ketebalan dari lapisan es di Antartika. Karena alasan itulah, para ilmuwan akhirnya mencoba membuat lubang di daratan penuh es tersebut.

Para ilmuwan melubangi daratan tersebut sedalam mungkin menggunakan air bertekanan tinggi dengan suhu mencapai 90 derajat celcius. Pengeboran tersebut memakan waktu hingga 3 hari dan para ilmuwan berhasil menciptakan lubang sedalam 2.152 meter.

Ternyata dengan sedalam itu masih juga belum bisa mencapai dasarnya. Maka dari itu mereka mencoba mengambil lapisan es di kedalaman tersebut guna untuk diteliti agar kedepannya bisa mengetahui bagaimana mencegah es di Antartika mencair sepenuhnya.

4. Piramida

Dunia sempat dihebohkan dengan munculnya penampakan piramida yang ada di Antartika. Bahkan hal ini menumbuhkan berbagai konspirasi, mulai dari adanya makluk asing dan lab militer di tempat tersebut.

Karena kehebohan itu, para peneliti tidak tinggal diam dan mengungkapkan bahwa piramida tersebut sebenarnya adalah pegunungan yang terbentuk karena hasil erosi selama ratusan juta tahun lamanya.

Aslinya gunung tersebut lebih tinggi dari yang sekarang, namun karena terkikis sekarang hanya berketinggian 1.265 meter. Dan di samping itu, para peneliti juga menemukan fosil berlimpah di sekitar pegunungan itu, fosil yang ditemukan adalah fosil antropoda laut yang berumur 500 juta tahun.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini