Share

Review Smartwatch Amazfit GTR 4 vs Huawei GT3, Mana yang Lebih Unggul?

Tangguh Yudha, Jurnalis · Jum'at 02 Desember 2022 16:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 02 57 2719368 review-smartwatch-amazfit-gtr-4-vs-huawei-gt3-mana-yang-lebih-unggul-zPCIkyRKnH.jpeg Review smartwatch Amazfit GTR 4 vs Huawei GT3, mana yang lebih unggul? (Foto: Okezone/Tangguh Yudha)

JAKARTA - Ada cukup banyak perangkat smartwatch atau jam tangan pintar di pasaran. Salah satunya adalah Amazfit GTR 4 yang diluncurkan pada akhir Oktober lalu.

Perangkat wearable yang satu ini hadir dengan membawa desain sporty dan spesifikasi unggulan. Secara garis besar sebenarnya cukup mirip dengan Huawei GTR3 yang telah lebih dulu diluncurkan.

Lantas seperti apa keunggulan Amazfit GTR 4? Apakah lebih baik dari Huawei GT3? Untuk menemukan jawabannya, simak ulasan berikut.

Desain

Amazfit GTR 4 memiliki dimensi 46 x 46 x 12.4mm dengan bobot 34 gram. Jika dibandingkan dengan Huawei GT3, ukurannya sedikit lebih besar, namun lebih ringan, yang mana Huawei memiliki dimensi 45.9 x 45.9 x 11 mm dengan bobot 42,6 gram.

Perbedaan bobot ini disebabkan oleh penggunaan material yang berbeda, di mana Amazfit GTR 4 menggunakan material aluminum alloy yang dipadukan dengan plastik, sedangkan Huawei GT3 menggunakan stainless steel dengan plastik.

Layar

Di sektor layar, keduanya kompak menggunakan layar AMOLED berukuran 1,43 inci dengan resolusi 466 x 466 pixel. Namun perbedaan terletak pada rasio body ke layar, Amazfit GTR 4 rasio body ke layar di angka 68,1% sementara Huawei GT3 67,2%.

Keduanya juga menggunakan coating anti sidik jari mengingat layar sudah mendukung teknologi touchscreen. Dengan begitu, tidak menjadi masalah jika layar sering bersentuhan dengan jemari pengguna.

Mesin

Baik Amazfit GTR 4 dan Huawei GT3 sebenarnya sama-sama mengandalkan prosesor yang andal. Hanya saja tipenya berbeda, Amazfit GTR 4 menggunakan prosesor NXP sementara Huawei mengandalkan STM32U5.

Kinerja keseluruhan NXP dan MUCU STMicroelectronics pada dasarnya sama. Di tingkat pengguna, mereka dapat mencapai penggunaan yang lancar, konsumsi daya yang rendah,serta masa pakai baterai yang lama.

Amazfit GTR 4 ini mampu bertahan selama 14 hari untuk penggunaan normal dan 7 hari untuk penggunaan berat. Untuk Huawei GT3 di atas kertas dapat bertahan selama 14 hari dalam penggunaan normal dan 8 hari untuk penggunaan berat.

Follow Berita Okezone di Google News

Fitur

Amazfit GTR 4 dilengkapi dengan 200 watch face atau wallpaper yang bisa dipersonalisasi melalui aplikasi Zepp App. Tidak berhenti di situ, disediakan juga fitur-fitur kebuharan dan kesehatan yang didukung dengan sensor 4PD + 2LED.

Untuk fitur kebugaran, tersedia lebih dari 150 mode latihan termasuk kekuatan gym, ayunan golf, hingga menyelam. Walaupun pada Huawei GT3 juga tersedia, namun jumlahnya tidak sebanyak yang ditawarkan Amazfit GTR 4.

Di fitur kesehatan, Amazfit GTR 4 dan Huawei GT3 keduanya mendukung monitor detak jantung, oksigen darah, pemantauan tidur dan stres. Tapi yang jadi pembeda adalah Amazfit GTR 4 juga memiliki PAI Health.

Tidak hanya itu, Amazfit GTR 4 juga punya banyak fitur pengingat kesehatan dan fitur kesehatan tambahan seperti body power atau fal detection (OTA). Hanya saja akurasinya tidak sehebat Huawei GT3 yang menggunakan sensor 8PD +2 LED.

Perangkat wearable terbaru dari Amazfit ini juga punya teknologi yang mendukung GPS dengan frekuensi tinggi yang dapat memberikan pelacakan lintasan GPS. Dibanding Huawei GT3, akurasi GPS Amazfit GTR 4 lebih akurat.

Harga

Terkait harga, Amazfit GTR 4 dibanderol lebih murah dibanding Huawei GT3. Untuk Amazfit GTR 4 dijual seharga Rp2.799.000, sementara Huawei GT3 bisa dibawa pulang dengan meminangnya sebesar Rp3.399.000.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini