Share

Penyebab Seseorang Bisa Lupa Ingin Bicara Apa, Begini Menurut Sains

Angeltika Clara Sinaga, Jurnalis · Selasa 06 Desember 2022 10:57 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 06 56 2721414 penyebab-seseorang-bisa-lupa-ingin-bicara-apa-begini-menurut-sains-z4SWZfSR6Y.jpg Penyebab seseorang bisa lupa ingin bicara apa, begini menurut sains (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Saat sedang serius berbicara atau berinteraksi, tiba-tiba mendadak tidak ingat ingin ngomongin apa atau bahkan melakukan apa. Sebagian orang pasti pernah mengalaminya.

Fenomena ketika sadar hendak menyampaikan sesuatu, tetapi seketika jadi susah untuk mengucapkan apa yang tadinya ada dipikiran, ada yang bilang kalau ini gejala orang pikun.

Dilansir dari kanal YouTube Kok Bisa?, Selasa (6/12/2022), seseorang bisa lupa mau apa terjadi karena perhatian yang teralihkan selama beberapa detik. Menurut penelitian, penyebab dari sering lupa mau ngomong hal apa itu disebut dengan istilah The Doorway Effect.

Istilah tersebut, diartikan karena peristiwa lupa saat ingin berbicara cenderung terjadi ketika seseorang masuk atau berpindah ruangan melewati pintu atau berjalan dari satu ruangan ke ruangan yang lain. Hal ini bisa terjadi karena pintu ini digambarkan sebagai batas acara.

Pintu ini merupakan batas informasi penting yang akhirnya membentuk dua informasi yang berbeda. Hal terjadi akibat otak kita dipenuhi dengan informasi-informasi baru, yang pada akhirnya membuat kita bingung sampai jadi lupa mau ngomong apa.

Dan inilah penyebab yang membuat kita bingung ketika mau ambil barang apa waktu buka kulkas, dan hal-hal lainnya yang menjengkelkan. Namun, apakah hal ini merupakan tanda atau gejala dari pikun?

Ternyata, peristiwa ini sangat wajar dan bukanlah tanda-tanda dari pikun. Berbeda dengan penyakit Alzheimer yang timbul akibat protein di otak gagal berfungsi secara normal sehingga mengganggu kinerja sel otak untuk mengingat.

Dampaknya jadi menyebar ke seluruh bagian otak lainnya sampai akhirnya semakin lama, orang yang mengidap penyakit ini menjadi susah untuk berpikir, bergerak, kebingungan, bahkan hilang ingatan.

Peristiwa ini memang tidak dapat dihindari karena bisa timbul dari efek lingkungan pada kinerja otak. Untuk meminimalisir kejadian lupa mau ngomong apa, kita perlu berlatih mengingat supaya otak tetap bekerja dengan baik.

Baca Juga: Rayakan Satu Tahun, BuddyKu Fest Hadirkan Sesi Media Challenges

Follow Berita Okezone di Google News

(amj)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini