Share

Kenapa Ada Tumbuhan Hidup di Laut? Simak Penjelasan Ilmiahnya

Angeltika Clara Sinaga, Jurnalis · Selasa 06 Desember 2022 11:24 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 06 56 2721439 kenapa-ada-tumbuhan-hidup-di-laut-simak-penjelasan-ilmiahnya-k23skxr4Rh.jpg Kenapa ada tumbuhan hiduo di laut? Simak penjelasan ilmiahnya (Foto: iStock)

JAKARTA - Ternyata ada beragam tumbuhan yang hidup di bawah laut. Hal ini mungkin membuat seseorang bingung mengapa bisa tumbuhan hidup di dalam laut.

Dilansir dari kanal YouTube Kok Bisa?, Selasa (6/12/2022), hampir sekitar 50 persen hingga 85 persen asupan oksigen yang manusia hirup bukan berasal dari tanaman yang ada di sekitar, tetapi dari laut.

Tanaman-tanaman laut merupakan sumber yang menyumbang banyak oksigen di atmosfer Bumi dan paling banyak menyerap gas karbondioksida.

Biasanya, Anda bisa melihat banyak tanaman bertebaran di hutan, kebun atau halaman rumah sendiri. Namun, berbeda dengan tanaman laut yang nyatanya sulit untuk dilihat karena dalam wujud mikroskopis.

Meskipun sebagian berada dalam wujud mikroskopis, tetapi masih ada wujud tanaman yang bisa dilihat dengan mata kepala sendiri, yaitu tumbuhan bernama lamun atau biasa disebut seagrass.

Faktanya, lamun adalah satu-satunya tumbuhan yang mampu hidup di dalam air laut. Lamun tumbuh bertumpuk atau berkerumunan dan biasanya menempati wilayah perairan laut yang dangkal. Lamun juga yang menghubungkan ekosistem mangrove dengan terumbu karang.

Kontribusi lamun terhadap penyerapan karbon hampir 50 persen dari total penyerapan karbon di dunia dengan menyerap kadar karbon di atmosfer Bumi. Selain itu, tanaman unik satu-satunya yang hidup di laut ini menjadi tempat tinggal yang ideal bagi hewan-hewan laut.

Sekitar 13 dari 20 spesies lamun yang ada di dunia hidup di wilayah Indonesia, sehingga negara kita mnejadi pemilik ladang lamun terluas kedua di dunia.

Tetapi, sayangnya 75 persen hingga 90 persen lamun di Indonesia mengalami kerusakan yang cukup mengenaskan akibat ulah manusia.

Oleh karena itu, kita perlu menjaga dan melestarikan lingkungan laut termasuk tumbuhan-tumbuhan yang ada agar dapat membantu peningkatan kadar oksigen di Bumi.

Follow Berita Okezone di Google News

(amj)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini