Share

Selamat Tinggal Aiplane Mode, Penumpang Bisa Telfone di Pesawat

Kemas Irawan Nurrachman, Jurnalis · Selasa 06 Desember 2022 11:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 06 57 2721420 selamat-tinggal-aiplane-mode-penumpang-bisa-telfone-di-pesawat-QiASWjOuGN.jpg Ilustrasi ponsel bisa digunakan di pesawat (Foto: Freepik)

Fitur Airplane Mode yang ada di ponsel pintar Anda, segera tidak diperlukan lagi saat berada di pesawat terbang. Para penumpang bisa tetap berkomunikasi meski berada di udara.

Uni Eropa tengah membuat undang-undang perihal komunikasi seluler di dalam penerbangan. Dengan teknologi canggih, maskapai penerbangan dapat dipasangkan teknologi 5G agar penumpang bisa menggunakan ponsel pintarnya saat berada di pesawat.

Selamat Tinggal Aiplane Mode, Penumpang Bisa Telfone di Pesawat 

Foto: Reuters

Seperti dikutip Gizmo China, Komisi Eropa bahkan telah menetapkan batas waktu hingga 30 Juni 2023 untuk negara-negara anggotanya menyediakan pita frekuensi 5G di pesawat. Sistem baru tersebut akan memanfaatkan pengunduhan yang jauh lebih cepat, bahkan dengan besaran 1.000 Mbp.

Sekadar diketahui, fitur Airplane Mode merupakan sistem yang menonaktifkan koneksi data pada ponsel dan membatasi kapasita fungsionalnya, seperti menelfon dan mengirim teks.

Sebelum kebijakan ini dibuat, Komisi Uni Eropa telah memberlakukan peraturan penyediaan pita frekuensi tertentu untuk pesawat pada 2008 dan mengizinkan beberapa layanan menawarkan akses internet di dalam pesawat. Namun hal tersebut dikeluhkan penumpang karena biaya yang mahal dan akses yang sangat lambat.

Follow Berita Okezone di Google News

(kem)

1
1

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini