Share

Beda STB TV dengan Android TV Box Yang Harus Kamu Tau

MNC Portal, Jurnalis · Kamis 08 Desember 2022 10:59 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 08 54 2722958 beda-stb-tv-dengan-android-tv-box-yang-harus-kamu-tau-nOtXgcjwEV.jpg Beda Set Top Box dengan Android TV Box yang harus kamu ketahui (Foto: Dok)

Sejak siaran televisi analog dihentikan atau analog switch off (ASO) oleh pemerintah melalui Kominfo, banyak pengguna TV analog yang beralih pada smart TV berbasis Android. Tak sedikit pula yang berburu set top box agar tetap bisa menonton siaran televisi digital di TV analog.

Namun, tahukah Anda apa beda STB TV dengan Android TV Box? Perlu Anda ketahui bahwa TV Android sendiri bisa digunakan untuk menangkap siaran digital.

Namun, benda tersebut membutuhkan box yang berbeda dari yang dimaksud sebagai set top box (STB) dalam ASO untuk televisi yang belum bisa menangkap siaran digital. Simak ulasannya di sini agar Anda bisa mengetahui beda STB dengan Android TV Box.

Yuk Ketahui Beda STB TV Dengan Android TV Box di Sini!

Untuk menonton siaran televisi yang berkualitas, dibutuhkan STB dengan Android TV Box. Nah, agar Anda tidak salah beli, pahami terlebih dulu fungsi dan beda STB TV Dengan Android TV Box.

Perlu Anda ketahui bahwa set top box mempunyai fungsi untuk menangkap siaran digital ke perangkat televisi analog. Ada pula siaran televisi terestrial yang ditangkap adalah siaran yang tidak berbayar atau free to air pada STB tersebut. Setelah STB dipasang di TV analog, Anda bisa menonton siaran televisi biasa. Hanya, yang ditangkap ialah siaran digital, bukan siaran analog.

Di sisi lain, selama siaran terestrial digital bisa menangkap sinyal, Anda juga bisa mendapatkan siaran televisi dengan jernih. Selain itu, siaran terestrial analog yang mempunyai kedekatan lokasi perangkat televisi dengan infrastruktur membuat kualitas gambar siaran yang ditangkap makin baik. Sebaliknya, makin jauh perangkat, sinyal yang ditangkap pun makin lemah sehingga gambar tidak jernih. Bahkan, jika cuaca tidak baik seperti berangin ataupun turun hujan maka kualitas gambar siaran pun bisa buruk.

Sementara itu, Android TV Box berfungsi mengubah televisi konvensional menjadi smart TV. Anda yang menggunakan smart TV ini akan bisa menonton layanan streaming berbayar atau konten YouTube di televisi biasa. Karena berbasis Android, tampilan antarmuka perangkat televisi begitu mirip dengan tampilan di ponsel. Ke depan, smart TV dilengkapi dengan berbagai sistem operasi, bukan hanya Android, ataupun smart TV yang telah cerdas tanpa membutuhkan Android TV Box.

Lebih dalam, Android TV Box mempunyai fungsi utama untuk mengubah perangkat TV biasa menjadi smart TV yang bisa berfungsi menjalankan berbagai aplikasi seperti YouTube, Netflix, TikTok, dan lain sebagainya. Dengan Android TV Box, TV biasa bisa beroperasi layaknya ponsel Android.

Untuk lebih dalam mengetahui beda Set Top Box dan Android TV Box, ketahuilah ciri-cirinya

Dalam penggunaan set top box dan Android TV box, Anda juga perlu memahami terkait ciri-cirinya serta beda Set Top Box dengan Android TV Box yang tertera sebagai berikut ini. Adapun ciri-ciri set top box yang lebih lengkap sebagai berikut ini:

• Menerima dan mengonversi konten dari sinyal digital sehingga bisa dimuat di TV analog biasa

• Tidak membutuhkan koneksi internet

• Tidak mempunyai fitur penerima WiFi secara built-in

• Terdapat fitur penerima sinyal digital DVB-T2

• Membutuhkan sambungan antena

• Sambungan ke TV bisa menggunakan kabel HDMI atau Kabel RCA

Ciri-ciri dari set top box telah terlampir pada ulasan di atas. Yang perlu Anda ketahui ialah set top box memiliki fungsi utama dalam mengubah TV analog jadi TV digital.

Follow Berita Okezone di Google News

Sementara itu, untuk menjalankan fungsinya, Android TV Box dilengkapi dengan dukungan sistem operasi Android dan koneksi internet lewat jaringan WiFi atau kabel LAN. Ciri-ciri Android TV Box terdapat dalam daftar berikut ini:

• Android TV Box mempunyai fungsi utama dalam mengubah TV biasa menjadi smart TV

• Memiliki fitur penerima WiFi secara built-in

• Sambungan ke TV umumnya hanya dapat menggunakan kabel HDMI

• Didukung dengan sistem operasi Android

• Mempunyai toko aplikasi Google Play Store yang berguna untuk mengunduh aplikasi

• Membutuhkan koneksi internet

• Android TV Box pada umumnya tak mempunyai fitur penerima sinyal digital DVB-T2

Itulah ciri-ciri Android TV Box yang perlu Anda ketahui. Dari penjelasan tersebut, diketahui bahwa Android TV Box tidak bisa digunakan untuk mengubah perangkat TV analog supaya bisa menonton siaran TV digital. Sebab, Android TV Box umumnya tidak didukung fitur DVB-T2, tetapi hanya Android yang sudah dilengkapi dengan fitur DVB-T2.

Temukan Set Top Box Terbaik Termurah Hanya di AladinMall

Jika sudah mengetahui beda set top box dengan Android TV Box, Anda juga bisa memilih set top box terbaik yang Anda butuhkan di AladinMall by Mister Aladin. Sebab, ada berbagai macam merek set top box bisa Anda temukan dengan kualitas original. Di antaranya, Eroc, Sharp, dan Polytron. Tentunya, harga yang Anda dapatkan bisa lebih murah + Gratis Ongkir se-Indonesia. So pasti belanja jadi super hemat!

Perlu kamu tau, AladinMall by Mister Aladin merupakan marketplace yang menyediakan berbagai macam barang, mulai dari fesyen, perlengkapan sehari-hari, barang elektronik, dan masih banyak lagi.

Menariknya, AladinMall by Mister Aladin selalu memberikan promo gede-gedean + gratis ongkir se-Indonesia sehingga Anda akan selalu dimanjakan untuk bisa belanja super hemat sepuasnya! Yuk, checkout sekarang di AladinMall melalui AladinMall.id dan pantai info promo menariknya di Instagram @aladin.mall!

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini