Share

Netizen Keluhkan Sinyal TV Digital Jelek

Tangguh Yudha, Jurnalis · Jum'at 09 Desember 2022 17:53 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 09 54 2724088 netizen-keluhkan-sinyal-tv-digital-jelek-GomDqYm3NK.jpg Netizen keluhkan sinyal TV digital jelek (Foto: Tangkapan Layar)

JAKARTA - Keputusan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) melaksanakan analog switch off (ASO) ditanggapi negatif oleh tidak sedikit masyarakat. Salah satunya adalah pengguna TikTok dengan akun @diendinplatie.

Lewat sebuah postingan di platform video pendek buatan China itu, ia menilai bahwa ASO justru malah membuat rumit masyarakat. Di samping harga set top box (STB) yang mahal, sinyal TV digital juga masih sulit untuk ditangkap.

"Terlalau jahat pak stb mahal cik atuh sinyal mah ulah di rurudet," ungkapnya, dikutip dari postingannya pada Jumat (9/12/2022).

Jika dilihat dengan seksama, @diendinplatie membagikan rekaman video yang menampilkan TV tabungnya begitu sulit mendapat sinyal siaran digital. Padahal ia sudah menambahkan STB yang harganya tidak murah.

Tampak siaran TV digital @diendinplatie yang tengah menyajikan pertandingan sepak bola tersendat. Tayangan juga terhalang oleh tampilan menu dari STB yang tengah kesulitan mencari sinyal digital.

Postingan @diendinplatie itu pun lantas mendapat perhatian penih dari netizen TikTok yang lain. Hingga berita ini dimuat, setidaknya video yang dibagikan sudah ditonton hingga ribuan kali.

Untuk diketahui, sejak jauh-jauh hari Menteri Kominfo, Johnny G. Plate menegaskan bahwa salah satu keuntungan dilaksanakannya ASO adalah untuk memberikan tayangan TV berkualitas yang lebih baik seperti kualitas layar lebar.

Selain itu, ASO juga disebut akan memberikan jumlah frekuensi yang jauh lebih banyak lagi serta diharapkan dapat memacu pertumbuhan konten lokal dan mendorong keberagaman konten dalam negeri yang bersifat edukatif.

"Ini tidak saja di industri tapi juga memberikan multiplier effect yang begitu besar terhadap perekonomian nasional. Menciptakan lapangan pekerjaan baru dan penciptaan usaha-usaha baru. Apa yang kita lakukan ini akan memberikan manfaat yang cukup besar," paparnya.

Follow Berita Okezone di Google News

(amj)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini