Share

Ruang Penyimpanan Google Drive Penuh? Ikuti Tips Berikut

Maryam Nurfauziah, Jurnalis · Minggu 11 Desember 2022 12:29 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 11 57 2724861 ruang-penyimpanan-google-drive-penuh-ikuti-tips-berikut-1Nsc3adO2b.jpg Ruang penyimpanan Google Drive penuh? Ikuti tips berikut (Foto: FileWhopper)

JAKARTA - Layanan Google Drive menawarkan ruang penyimpanan untuk membantu mencadangkan file sehingga bisa mengaksesnya di mana pun dan kapan pun. Namun, Google Drive terkadang tidak berfungsi sesuai apa yang Anda inginkan.

Google Drive hanya memberikan pengguna penyimpanan cloud gratis sebesar 15 GB, yang bisa Anda gunakan untuk mengunggah dokumen dan file lainnya, tetapi kuota Google Drive juga dibagi untuk Google Foto dan Gmail.

Jadi penggunan Google Drive ini harus benar-benar dimaksimalkan agar tidak terjadi bug sehingga tidak ada kasus pemberitahuan yang mengatakan Google Drive sudah penuh. Jangan khawatir, karena terdapat beberapa solusi untuk mengatasi masalah tersebut.

Dilansir dari TechRadar, Minggu (11/12/2022), berikut beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi masalah tersebut.

1. Periksa kuota Anda

Anda memang mendapatkan 15GB penyimpanan cloud gratis melalui Good Drive, tetapi masuk akal untuk melihat apa yang sebenarnya disimpan di dalamnya. Ingat, Google Drive adalah wadah penyimpanan utama untuk konten dengan drive itu sendiri, tetapi juga Gmail dan Google Foto.

Oleh karena itu, sebaiknya selami lebih dalam apa yang disimpan melalui https://one.google.com/storage. Anda bisa mendapatkan perincian tentang apa yang menggunakan ruang disk Google Drive tersebut.

2. Lakukan pembersihan

Setelah melihat apa yang menggunakan ruang penyimpanan di Google Drive Anda, Anda akan memiliki gagasan yang lebih jelas tentang apa yang perlu dihapus.

Jika Anda adalah pengguna Gmail yang rajin, sangat mudah untuk membangun persediaan konten, biasanya file yang cukup besar berada dalam bentuk lampiran.

Artinya, ini dapat menghabiskan sebagian besar jatah penyimpanan Anda. Coba telusuri Gmail untuk mengidentifikasi email berukuran besar, katakanlah 10MB atau lebih, dan hapus jika tidak diperlukan lagi.

Ini dapat dilakukan dengan cepat dan mudah, Anda cukup memilih semua file yang tidak diinginkan sekaligus dan mengirimkannya menggunakan tombol hapus.

3. Kompres foto Anda

Kita semua memiliki lebih banyak gambar dari smartphonebyang semuanya hampir menempati ruang. Beberapa ponsel juga menyimpan gambar beresolusi tinggi yang memperbesar ukuran file.

Anda dapat mengatasi ini dengan menggunakan Foto Google untuk mengompresi gambar apa pun yang tidak perlu Anda pertahankan dalam resolusi aslinya.

Foto Google memiliki ikon roda gigi di sudut kanan atas antarmuka tempat Anda akan melihat opsi Pulihkan penyimpanan. Centang opsi Storage save di sini dan gambar Anda akan diringkas menjadi format yang lebih kecil dari aslinya.

Follow Berita Okezone di Google News

4. Hapus banyak file

Anda dapat menyimpan file dari setiap perangkat yang Anda miliki seperti laptop dan telepon di Google Drive, sehingga Anda akan lebih tanggap untuk mengatasi masalah kekurangan ruang penyimpanan. Jangan lupa memeriksa apakah file yang Anda pilih untuk dihapus telah hilang di sana secara permanen.

5. Temukan file terhapus yang tersembunyi

Menghapus folder di Google Drive Anda adalah hal mudah, tetapi tidak selalu berhasil menghapus file di dalamnya. Jika Anda mencari 'is:unorganized owner:me' di dalam drive Anda, Anda akan dapat menghapus apapun yang tidak diinginkan jika muncul.

Terdapat beberapa data aplikasi tersembunyi yang mengganggu ruang penyimpanan Google Drive Anda, ini bisa dihapus oleh perangkat lunak pihak ketiga.

Opsi ini dapat ditemukan di bawah Pengaturan, lalu di jendela pop-up yang muncul, Anda dapat memilih menu Kelola Aplikasi, lalu menghapus data aplikasi yang tersembunyi.

6. Kosongkan sampahnya

Meskipun kadang Anda mengira telah berhasil membuang file yang tidak diinginkan dan masuk ke tempat sampah Google Drive, ada baiknya juga menekan ikon Hapus Permanent. Dengan asumsi Anda yakin tidak lagi menginginkan konten tersebut, ini akan menghilangkannya untuk selamanya.

Jika Anda tidak yakin untuk menghapus beberapa file, salah satu opsinya adalah mendaftar ke layanan penyimpanan cloud lain, banyak di antaranya juga gratis atau membebankan biaya nominal jika Anda tidak memiliki data dalam jumlah besar untuk dikelola.

7. Lakukan beberapa penyesuaian

Bergantung pada perangkat yang Anda gunakan, sebaiknya periksa opsi yang sering diabaikan untuk menyegarkan status Google Drive Anda saat ini.

Misalnya, pengguna Android dapat menghapus cache Google Drive di ponsel mereka hanya dengan membuka aplikasi Google Drive dan mengetuk opsi Penyimpanan di sana.

Menghapus cache dari lokasi ini dan memulai ulang handset seringkali merupakan cara yang bagus untuk mencegah ruang penyimpanan Google Drive penuh, terutama jika Anda melakukan sebagian besar manajemen file melalui ponsel Android.

8. Rombak ruang penyimpanan

Meskipun bisa sedikit membosankan untuk merombak penyimpanan Google Drive Anda, ada baiknya meluangkan waktu untuk menghapus beberapa file yang tidak penting.

Terlebih lagi, karena file Anda disimpan di cloud, pembaruan kuota terkadang memakan waktu cukup lama. Ini terutama terjadi jika Anda telah menghapus file besar dan terlebih lagi jika ukurannya sangat besar.

Hal seperti ini merupakan praktik yang baik untuk tetap menjaga ruang penyimpanan Google Drive Anda dan sering-seringlah menghapus konten yang tidak diinginkan.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini