Share

VIRAL! Ditonton 4,3 Juta Orang, STB Meledak Lagi, Hoaks atau Fakta?

Tangguh Yudha, Jurnalis · Rabu 14 Desember 2022 14:49 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 14 54 2726987 viral-ditonton-4-3-juta-orang-stb-meledak-lagi-hoaks-atau-fakta-axpPezE1o5.jpg STB meledak lagi, hoaks atau fakta? (Foto: Tangkapan Layar)

JAKARTA - Media sosial kembali dihebohkan dengan video rumah yang luluh lantak diduga karena set top box (STB) meledak. Video yang diunggah oleh akun TikTok @jangjilong itu bahkan telah ditonton 4,3 juta kali.

Dalam video, tampak bagian dalam rumah sangat berantakan dengan debu berwarna hitam berserakan di mana-mana. Kerusakan parah terletak di ruang TV hingga membuat sebagian tembok mengelupas.

Tidak hanya tembok, lemari tempat diletakannya TV juga mengalami rusak parah hingga hangus terbakar. Perekam kemudian menunjukan perangkat STB yang hanya menyisakan bagian rangkanya saja.

"Ini beneran meledak gara-gara set top box. Kalau habis dipakai, langsung cabut lagi soalnya gak ada tombol on-off nya," kata sang perekam menggunakan bahasa Sunda.

"Ini yang punya rumahnya lagi gak ada di rumah pas kejadian meledak kejadiannya jam 7," lanjutnya.

Sayangnya belum diketahui lokasi kejadian diduga meledaknya STB itu. Namun banyak netizen yang meragukan kebenaran kejadian itu disebabkan oleh pemasangan STB.

"Asa teu mungkin stb meledak sa isi rumah nu tutung, mun gas 3kg percaya," ungkap netizen dengan akun @bhilalfadilah.

"Bukan set top box itu..ga mungkin stb meledak seisi rumah bisa sgitu..ada konslet kyknya itu,", timpal pengguna TikTok dengan akun @Rivaldi.

"Menurut saya klw setotbok meledak itu GK masuk akal. kerena di dalam setotbok itu tida ada penampung batre," lanjut @kodel.

Berita STB meledak sendiri sebelumnya juga pernah ramai beberapa waktu lalu. Kala itu dikabarkan bahwa ada tiga orang yang meninggal dunia karena kejadian STB meledak di daerah Cikande, Tangerang.

Banyak sumber termasuk Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) sendiri sudah menyatakan bahwa berita tersebut hoax. Dikatakan bahwa video yang viral dicomot dari peristiwa lain, yakni rumah usaha laundry yang terbakar.

Follow Berita Okezone di Google News

(amj)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini