Share

Waspadalah, Ada Aplikasi Palsu Streaming Sepakbola Disusupi Malware

Maryam Nurfauziah, Jurnalis · Rabu 14 Desember 2022 18:15 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 14 54 2727155 waspadalah-ada-aplikasi-palsu-streaming-sepakbola-disusupi-malware-N3MfK05hnE.jpg Waspadalah, ada aplikasi palsu streaming sepakbola disusupi malware (Foto: iStock)

JAKARTA - Baru-baru ini, ditemukan sebuah aplikasi siaran live streaming sepakbola Piala Dunia 2022 yang digunakan untuk menyusupkan malware berbahaya.

Niat hati ingin menonton gratis hanya mengeluarkan paket internet, banyak dari masyarakat pecinta sepakbola mencari aplikasi streaming gratisan yang tidak jelas asal usulnya.

Untuk itu, pihak kepolisian melalui akun Twitter resmi @CCICPolri, memberikan imbauan kepada masyarakat untuk tetap waspada terhadap aplikasi live streaming palsu yang disusupkan virus malware dengan jaminan akan menayangkan pertandingan sepakbola Piala Dunia 2022.

Diolah dari berbagai sumber, telah ditemukan oleh peneliti keamanan dari ThreatFaric aplikasi Android yang sudah dimodifikasi untuk mengelabui korban dengan menyamar menjadi aplikasi populer.

Beberapa aplikasi yang menjadi senjata untuk mereka menyusupkan malware, seperti Football Streaming, Instagram, WiFi Authenticator, dan lain-lain.

Aplikasi-aplikasi tesebut sekilas terlihat asli, namun faktanya sudah dimodifikasi oleh platform Zombinder dengan menyusupkan malware didalamnya. Meskipun aplikasi tersebut berfungsi seperti biasa, namun Zombinder ini menambahkan muatan malware ke dalam kodenya.

Modifikasi yang dilakukan pada aplikasi tersebut dirancang agar terhindar dari deteksi virus, sehingga ketika pengguna membuka aplikasi akan menampilkan peringatan untuk menginstal plugin. Jika peringatan itu diterima, loader akan menginstal muatan berbahaya dan membukanya di background.

Menurut Bleeping Computer, Malware yang disusupkan pada aplikasi tersebut merupakan malware perbankan Ermac. Malware ini bisa mengancam keamanan pengguna dengan memanfaatkan keylogging, mencuri email dari Gmail, mencegat kode 2FA, dan mencuri dompet kripto.

Kendati demikian, para pengguna harus lebih waspada lagi terhadap beberapa aplikasi gratis untuk menonton streaming sepakbola dunia 2022 agar perangkat yang mereka gunakan tetap aman dan terbebas dari Malware.

Follow Berita Okezone di Google News

(amj)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini