Share

Begini Penampakan Wujud Mengerikan Dinosaurus Jika Belum Punah, Manusia Bisa Kalah

Cita Zenitha, Jurnalis · Rabu 14 Desember 2022 09:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 14 56 2726694 begini-penampakan-wujud-mengerikan-dinosaurus-jika-belum-punah-manusia-bisa-kalah-x8Ex3OVIPh.jpg Ilustrasi (Foto: Sciencealert)

BEGINI penampakan wujud mengerikan dinosaurus jika belum punah. Hal ini berawal dari sebuah asteroid menghantam Bumi dengan kekuatan 10 miliar bom atom dan mengubah arah evolusi.

Lebih dari 90 persen dari semua spesies punah termasuk dinosaurus. Namun, bayangkan asteroid tidak jatuh ke bumi bisa membuat hewan purba ini selamat.

Dinosaurus

Adapun, raptor yang termasuk bagian dinosaurus ini bisa berevolusi lebih pintar dari manusia. Pasalnya, ilmuwan dinosaurus, menemukan relativitas, atau mendiskusikan dunia hipotetis hewan purba bisa mengambil alih Bumi.

Dilansir dari Sciencealert, tahun 1980 an seorang ahli paleontologi bernama Dale Russell melakukan eksperimen tentang dinosaurus. Sebagai hewan seropoda anatomi dinosaurus akan berevolusi.

Follow Berita Okezone di Google News

Perubahan ukuran dinosaurus akan dimulai pada masa Jurassic. Dinosaurus jenis Brontosaurus dan kerabatnya berevolusi menjadi raksasa dengan panjang 30 m dan berat 30 - 50 ton.

Beberapa kelompok lainnya seperti brachiosauridae, diplodocidae, titanosauria, turiasaurus, dan mamenchisaurus juga turut berevolusi. 

Evolusi membuat tubuh dinosaurus bertubuh besar. Lebih dari 100 tahun dinosaurus berjenis megalosauridae, tyrannosaurus,allosaurids, carcharodontosauridae, dan neovenatorids menjadi predator raksasa.

Walau tumbuh besar dinosaurus lemah terhadap perkembangan ukuran otak. Pada masa Jurassic, otak dinosaurus jenis allosaurus, stegosaurus, dan brachiosaurus cenderung kecil.

Memasuki akhir Cretaceous sekitar 80 juta tahun kemudian, otak dinosaurus mengalami perkembangan. Otak bebek tyrannosaurus mulai berevolusi. Terlepas dari ukuran otak, dinosaurus jenis tyrannosaurus rex hanya memiliki otak berbobot 400 gram saja.

Kaki dinosaurus juga turut berevolusi seiring waktu. Kaki hewan herbivora turut memanjang untuk mencari mangsa. Mereka juga menggunakan kaki-kaki panjangnya untuk berkelahi dengan predator.

Berbeda dengan mamalia, tubuh hewan mamalia tidak berevolusi menjadi lebih besar. Evolusi mamalia ditandai dengan perubahan otak menjadi ke lebih besar dari sebelumnya. Contoh mamalia berotak besar seperti gajah, gorilla, macan, dan paus orca.

Walau demikian, otak mereka tidak lebih jenius. Tetapi, beberapa keturunan dinosaurus seperti burung gagak dan beo memiliki otak yang kompleks. Mereka dapat berbicara, berhitung dan menggunakan alat.

Demikian penampakan wujud mengerikan dinosaurus jika belum punah. Semoga dapat menambah wawasan dan informasi.

 (RIN)

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini